Pimpin Rapat KPB, Gubernur Minta Dukungan Perbankan

Tanggal 02 Okt 2020 - Laporan - 521 Views
Gubernur Arinal Djunaidi saat memimpin rapat persiapan peluncuran KPB.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Gubernur Arinal Djunaidi meminta perbankan untuk mendukung program Kartu Petani Berjaya (KPB) yang akan diluncurkan pada 6 Oktober mendatang.

Salah satunya, perbankan diminta memfasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendukung para petani di Lampung.

Hal itu disampaikan gubernur saat memimpin rapat persiapan peluncuran program KPB di Ruang Rapat Utama, Jumat (2-10-2020).

Arinal menyebutkan, melalui KUR diharapkan menjadi sarana untuk mendukung peningkatan usaha yang dilakukan petani disamping kegiatan bercocok tanam yang dilakukan secara rutin oleh para petani.

"Jangan sampai KUR ini tidak sampai ke daerah-daerah di seluruh wilayah Lampung. Seluruh elemen agar dapat  menjaga stabilitas harga sehingga akan  menguntungkan petani," terangnya.

Dia berharap progam KPB akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Indonesia dalam rangka pengelolaan sumber daya pertanian dan membantu para petani.

"Menurut saya hampir semua orang Indonesia makan beras. Namun jarang sekali yang memikirkan petani. Ini wujud janji kerja saya untuk mengangkat para petani," jelasnya.

Menurut Gubernur, ketersediaan pangan di Lampung tidak boleh diabaikan, sementara kita memasok daerah lain.

"Karena itu saya ingin pada waktu tertentu beras ini dapat diekspor, namun dengan memperhatikan kedaulatan pangan di Indonesia," sebutnya.

Diakhir arahannya, Gubernur berharap peran serta aktif dari seluruh Tim untuk mempersiapkan segala sesuatu menyangkut persiapan teknis maupun non teknis.

"Pada tanggal 6 Oktober nanti kita panen, kita olah langsung  dengan teknologi yang sudah disiapkan, Kepada Panitia, Saya berharap dalam Penyelenggaraan kegiatan ini saya berpesan agar tetap menerapkan protokol kesehatan", tutup Arinal.

Dalam kesempatan, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Taufik Hidayat melaporkan persiapan yang telah dilakukan seluruh tim.

Dijadwalkan Menteri Pertanian akan hadir dalam acara Launching dan peresmian sejumlah fasilitas untuk petani, serta bantuan - bantuan lain.

Peresmian akan diawali dengan panen padi, olah tanah dan tanam yang berlokasi di areal persawahan di desa Tempuran Lampung Tengah.

Dalam kegiatan launching itu direncanakan pula akan dilakukan penandatanganan MOU KPB antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan pihak Perbankan, penyerahan KUR, penyerahan Asuransi dan bantuan-bantuan lainnya.

Rencana Peresmian Sumur Bor akan dilakukan di tempat terpisah yang berlokasi di desa Trimulyo Kabupaten Pesawaran. (**)

Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Aktivitas Produksi PT San Xiong Steel Dihenti ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com