Berkantor di Kecamatan, Bupati Soroti Masalah Kebersihan

Tanggal 06 Okt 2020 - Laporan - 493 Views
Bupati Tanggamus Dewi Handajani di Kecamatan Kotaagung. Foto. Glh.

MOMENTUM, Kotaagung--Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, menyoroti masalah kebersihan, penanganan sampah, dan keasrian lingkungan Kantor Kecamatan Kotaagung.

"Kotaagung merupakan ibukota kabupaten. Harus menjadi contoh bagi kecamatan lain," kata Bupati saat berkantor di Kecamatan Kotaagung, Selasa (6-10-2020).

Dewi meminta aparat Kecamatan Kotaagung diminta menuntaskan pesoalan kebesihan dan sampah. Bahkan, mengedukasi masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan  lingkungan.

Selain lingkungan perkantoran, bupati juga meminta sungai yang ada dibuat menjadi bersih. Sungai yang bersih dan asri bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kotaagung.

"Tentu, dibutuhkan dukungan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, tidak menjadikan sungai tempat sampah," katanya.

Bupati juga meminta Dinas Lingkungan Hidup agar mengupayakan Tanggamus dapat meraih Adipura pada 2022. 

Pada kesempatan itu, bupati memina penjabat (pj) kepala pekon/desa menjalankan tugasnya dengan baik. "Jangan sampai Pj. kepala pekon tidak aktif masuk kantor. Yang tidak bekerja dengan baik agar dievaluasi," katanya.

Diingatkan, pemilihan kepala pekon (pilkakon) serentak akan diusahakan tetap digelar pada 2020. Tentu, pelaksanaannya harus mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri.

Terkait dengan pandemi Covid-19, aparat kecamatan diminta berkoordinasi degan puskesmas, pekon dan kelurahan. Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Camat harus sosialisasi kepada masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan tentang Covid- 19, yaitu dengan menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan."

Gerakan untuk razia, gerakan membagikan masker dimulai dari kelurahan, serta gerakan masif sampai ke tingkat bawah, RT, RW, sampai kepala dusun. "Berikan pelayanan yang humanis dan mengedukasi masyarakat," tegas Bupati.

Bupati juga meminta agar pelayanan kesehatan, pembangunan dan infrastruktur serta masalah kependudukan mengenai pembuatan KTP, KK, Akte Kelahiran, harus tetap diperhatikan.

"Jangan sampai membuat  masyarakat kecewa," tandas Bupati. 

Turut hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Kepala Dinas PUPR Riswanda Djunaidi, Kepala Dinas Pendidikan Aswien Dasmie, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gilas Kurniawan, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Darma Setiawan, Kabag Tapem Syarif Zulkarnain, Sekretaris Korpri Apriliani Taurisia, serta Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra. (*).

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com