Menteri Pertanian Resmikan Pompa Irigasi PLTS di Tegineneng

Tanggal 06 Okt 2020 - Laporan - 854 Views
Mentan Yasin Limpo bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan fasilitas pompa air di Tegineneng. Foto. Rifat.

MOMENTUM, Tegineneng-- Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, meresmikan pompa irigasi dengan tenaga pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Desa Trimulyo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. 

Pompa irigasi tersebut merupakan program corporate social responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Sebagai wujud komitmen badan usaha milik negara (BUMN) peduli masyarakat dan lingkungan.

Corporate Secretary PTBA, Apollonius Andwie C, mengatakan, penggunaan PLTS sebagai pompa irigasi ini, jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

"PLTS yang terpasang memiliki daya sebesar 38,5 kilo Watt. Dioperasikan melalui rumah control panel seluas 4x4 meter persegi, terdiri dari 140 keping panel surya. Sementara kebutuhan listrik untuk mengoperasikannya pompa irigasi ini sebesar 25 kW," jelasnya, Selasa (6-10-2020).

Dia juga mengatakan, pompa irigasi memiliki kecepatan 50 liter per detik, yang mampu mengaliri lahan mencapai 167 hektare dengan jarak dari danau ke lahan sekitar 1 kilometer.

"Proyek ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemprov Lampung. Para petani biasanya mengandalkan pompa diesel untuk tanaman cabe pada musim kemarau. Pada musim hujan, petani memanfaatkan lahan untuk ditanami padi. Dengan pompa irigasi ini diharapkan membantu petani menambah hasil usahanya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran Anca Marta Utama mengatakan, proyek itu merupakan permintaan para petani kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada saat panen raya cabai beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan itu, petani mengeluhkan sulitnya air pada saat kemarau, yang mengakibatkan para petani cabai tidak dapat bercocok tanam.

"Adanya pompa irigasi bertenaga PLTS ini, diharapkan mampu membantu para petani cabai kita, karena kita ketahui Kecamatan Tegineneng salah satu kecamatan yang ada di Provinsi Lampung sebagai penyuplai cabai terbesar," katanya.

Seusai meresmikan pompa irigasi bertenaga PLTS, Menteri Pertanian didampingi Gubernur Lampung, Kapolda Lampung, Danrem, Plt Bupati Pesawaran dan beberapa jajaran lainnya, mengecek bagian bagian pada pompa irigasi bertenaga PLTS, dan langsung meninggalkan lokasi.

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Telkomsel Hadirkan Akses Layanan Digital deng ...

MOMENTUM, Medan – Dalam mendukung gaya hidup digital pelanggan ...


Panen Raya Dorong Deflasi IHK Lampung April 2 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Indeks Harga Konsumen (IHK) di Provinsi ...


MAXstream Studios bersama Sinemaku Pictures R ...

MOMENTUM, Jakarta--Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan dal ...


TPID Bentuk Toko Mapan Jaga Stabilisasi Infla ...

MOMENTUM, Metro--Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Metr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com