Bupati: HCTPS Jadi Momentum Cegah Covid-19 Meluas

Tanggal 15 Okt 2020 - Laporan - 490 Views
Bupati Hj Dewi Handajani.

MOMENTUM, Kotaagung--Bupati Hj Dewi Handajani mengatakan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) menjadi momentum untuk mencegah Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) meluas di Kabupaten Tanggamus.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus dan Dinas Kesehatan karena menginisiasi serta menggerakkan kegiatan ini," kata Bupati Dewi Handajani, saat memimpin apel peringatan HCTPS Sedunia Tahun 2020 di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (15-10).

Menurut dia, tanggal 15 Oktober bertepatan dengan peringatan HCTPS Sedunia yang merupakan momentum penting untuk mengampanyekan perilaku hidup sehat. Salah satunya dengan mencuci tangan memakai sabun pada air mengalir, karena sangat berdampak positif pada upaya mencegah penularan covid 19 serta upaya nyata menurunkan prevalensi stunting sehingga kualitas sumber daya manusia diharapkan meningkat.

"Kegiatan ini adalah salah satu langkah kongkrit dalam upaya kesadaran memutus rantai penularan Covid-19 dan upaya mencegah stunting," kata Bupati.

Dia melanjutkan, momen ini juga sangat tepat sebagai penguat surat edaran Bupati Tanggamus tanggal 31 Agustus 2020 tentang protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19 dan Peraturan Bupati Nomor 55 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan Baru menuju masyarakat produktif dan aman covid 19, yaitu menyuarakan kembali slogan 3M seperti mencuci tangan pakai sabun di air mengalir memakai masker dan menjaga jarak.

"Pandemi covid 19 sampai saat ini belum berakhir dan secara epidemiologi belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir. Jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Tanggamus per 13 Oktober 2020 tercatat 39 orang yang terkonfirmasi positif," ujarnya.

Bupati berharap, dengan diadakannya kegiatan yang digerakkan oleh TP PKK Kabupaten Tanggamus bermitra dengan dinas kesehatan itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

"Mudah-mudahan cuci tangan pakai sabun itu menjadi perilaku baru yang terus dilakukan masyarakat sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran covid 19 dan mencegah stunting.

Peringatan HCTPS bertajuk “Putus Rantai Penularan Covid-19 dan Cegah Stunting dengan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir”. Dipimpin langsung Bupati Hj Dewi Handajani, SE. MM selaku inspektur upacara.

Sementara itu, Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK diwakili Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH. MH hadir bersama Dandim 0424/TGM Letkol Inf Arman Aris Sallo diwakili Kapten Inf Redi Kurniawan, Ketua DPRD Heri Agung Setiawan, Ketua PN Tanggamus dan Kajari David P. Duarsa.

Kegiatan punturut dihadiri Wakil Bupati AM. Syafi'i, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Inspektur Ernalia, Para Kepala OPD, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua DWP/GOW Ny. Nuraini Lubis, Danramil Kotaagung, peserta apel, dan insan pers.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, secara simbolis turut diberikan sabun cuci tangan, handsanitizer, dan antiseptik dari jajaran TP PKK dan Dinas Kesehatan yang diserahkan oleh Bupati Tanggamus.(**)

Laporan: Galih

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com