Diduga Kampanye di Masjid, Rina Marlina Dilaporkan ke Bawaslu

Tanggal 30 Okt 2020 - Laporan - 785 Views
Bahan kampanye yang diduga disebarkan di rumah ibadah//ist

MOMENTUM, Waykanan--Relawan Berani Pasti Aman melaporkan calon Wakil Bupati nomor urut 01 Rina Marlina ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Waykanan, Jumat (30-10-2020).

Rina dilaporkan dengan tuduhan melakukan kampanye di rumah ibadah dan turut membagikan bingkisan yang didalamnya terdapat bahan kampanye.

Dalam laporan itu, pelapor atas nama Robika (26), warga Kampung Gunungsangkaran, Kecamatan Umpusemenguk. 

Robika mengatakan, mulanya dia melihat postingan di akun facebook. Ada foto kegiatan peringatan Maulid Nabi di salah satu masjid di Dusun Waysawah, Kampung Negeribumi Putra, Kecamatan Blambangan Umpu.

Robika menuturkan, dalam postingan itu, akun tersebut menuliskan bahwa dia merasa bahagia atas kedatangan Rina Marlina kekampungnya pada Rabu malam (28-10).

Dalam postingan tersebut, sambung dia, ditampilkan juga foto pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati, Juprius-Rina yang dikemas dalam satu bungkusan. 

Robika menyebut, dalam bungkusan itu berisi jilbab, sticker atau kartu pasangan calon nomor urut 01 serta lampiran visi-misi (bahan kampanye).

Setelah melihat postingan itu Robika mencoba untuk mengkonfirmasi kepada pemilik akun di kediamannya, sambil ditemani pengurus tim relawan Berani Pasti Aman.

"Menurut keterangan pemilik akun tersebut bahwa dia tidak mengetahui bahwa Rina Marlina adalah calon Wakil Bupati Waykanan nomor urut 01," kata dia.

"Namun setelah menerima bingkisan tersebut akhirnya baru tahu kalau Rina Marlina adalah calon Wakil Bupati Waykanan dalam Pilkada 2020," sambungnya.

Setelah berkonsultasi dengan pengurus tim relawan Berani Pasti Aman, akhirnya dia pun melaporkan kejadian tersebut ke Bawaslu.

Laporan yang tertuang dalam surat bernomor: 005/PL/PB/Kab/08.10/X/2020 tertanggal 30 Oktober 2020 itu pun diterima Staf Bawaslu Waykanan, Fery Triyono.(**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Agung Chandra W

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


Maju Pilkada, Mirza Punya Tiga Sponsor ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


Diiringi Pasukan Hitam dan Putih, Yanuar Iraw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi PDI Perjuangan Lampung Yanuar I ...


Rahmat Bagja Resmikan Kantor Bawaslu Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baw ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com