Lima Tambahan Kasus Baru Positif Covid-19 di Pesibar

Tanggal 04 Nov 2020 - Laporan - 583 Views
Kepala Dinas Kesehatan Pesibar, Tedi Zadmiko. Foto. Agung S.

MOMENTUM, Krui--Warga Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) yang terjangkit Corona Virus Disease atau Covid-19 bertambah lima orang. Total hingga kini menjadi 65 orang.

Dari jumlah warga positif Covid-19 di Pesibar, 58 orang sembuh, enam orang isolasi mandiri dan satu orang dirawat di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pesibar, Tedi Zadmiko, mengatakan penambahan lima kasus baru positif Covid-19 tersebut merupakan hasil penelusuran terhadap seorang warga Pekon Wayredak Kecamatan Pesisir Tengah yang terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu yang lalu. 

Kelima orang tersebut terdiri dari empat anggota keluarga pasien Covid dan satu orang tenaga kesehatan di Puskesmas Krui yang sempat menangani pasien Covid sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Alimudin Umar Lampung Barat untuk menjalani proses kelahiran.

Dijelaskan, lima tambahan kasus baru tersebut merupakan hasil penelusuran terhadap warga Pekon Wayredak. Sebelumnya,  ditemukan sembilan orang reaktif setelah dilakukan rapid test. 

"Karena hasilnya reaktif, langsung dilakukan swab test. Hasilnya, lima orang dinyatakan positif," kata dia.

Saat ini kelima warga positif Covid itu menjalani isolasi mandiri. Alasannya, tidak memiliki gejala Covid-19, seperti sesak napas, panas tinggi, hilang penciuman dan gejala lainnya. 

"Mereka saat ini hanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, karena tidak ada gejala sehingga tidak perlu dilakukan perawatan di rumah sakit dan cukup melakukan isolasi mandiri," jelasnya.

Sementara tentang seorang pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD KH Muhammad Thohir, kondisinya membaik, diperkirakan dalam beberapa hari ke depan sudah selesai menjalani perawatan dan bisa menjalani isolasi mandiri.

Tedi kembali mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak merupakan salah satu cara mencegah penularan wabah tersebut. (*).

Laporan: Agung Sutrisno.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com