Lampung Segera Miliki Kebun Botani

Tanggal 21 Mar 2017 - Laporan - 1161 Views
Sekdaprov Lampung Sutono melakukan penanaman pohon di lokasi pembangunan Arboretum ITERA Lampung.Foto: dok-H Momen)

Harianmomentum--Provinsi Lampung melalui Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan pembangunan arboretum atau kebun botani yang mengoleksi pepohonan dan berbagai macam tumbuhan. Dalam kebun botani itu, koleksi tumbuhan dipelihara dan diberi nama serta informasi bagi para pengunjung maupun mahasiswa setempat.

 

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sangat mengapresiasi pembangunan Arboretum ITERA yang merupakan bagian dari Kebun Raya Lampung," kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, saat menghadiri Acara Seminar Nasional Memperingati Hari Hutan dan Pohon Sedunia dengan Tema Hutan dan Pohon Sebagai Jantung Kehidupan Planet Bumi di Gedung LPPMC ITERA, Selasa (21/3). 

 

Menurut dia, Arboretum dengan luas dua hektare (ha) tersebut merupakan bagian dari Kebun Raya Lampung seluas 150 ha. Direncanakan terdapat 5.000 bibit pohon di antaranya 43 jenis tanaman langka seperti Pohon Trembesi, Damar, Bungur, Agathis, Cemara Laut, Mahoni, Gmelina, Tanjung dan Bambu.

 

Arboretum diharapkan ke depan mampu menambah keragaman hayati dan ruang terbuka hijau di Provinsi Lampung.

 

"Pengembangan wilayah akibat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan pemukiman membuat lahan-lahan hijau semakin tergerus dan beralih fungsi menjadi bangunan fisik, sehingga perlu adanya upaya pelestarian tumbuhan hidup seperti itu," kata Sutono.

 

Dengan berkurangnya lahan hutan dan ruang terbuka hijau, masih menurutnya, maka masyarakat Luaslah yang akan merasakan dampaknya negatifnya seperti banjir, tanah longsor maupun kekeringan saat musim kemarau. 

 

Untuk itu, ia berharap pada momentum itu Pemprov Lampung mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi nyata dengan menanamkan kesadaran akan pentingnya keberadaan ruang terbuka hijau dan hutan.

 

Keberadaan Arboretum, kata dia, dapat dimanfaatkan sebagai wisata edukasi dan kegiatan ilmiah lainnya.

 

"Arboretum ITERA dapat dijadikan sebagai media riset, pendidikan, pariwisata, dan tentunya akan menjadi salah satu tempat yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Lampung," tambahnya.

 

Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) LHP diwakili Direktur Konservasi Tanah dan Air Ir Mochamad Firman, M.FOR menjelaskan bahwa bertepatan dengan Hari Hutan Internasional tanggal 21 Maret diharapkan mampu meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan pohon dan hutan.

 

Firman menuturkan dengan adanya Arboretum ITERA mampu menjadi ruang terbuka hijau bagi masyarakat kota Lampung. "Manfaatnya antara lain sebagai sarana penelitian,  manfaat konservasi serta pemanfaatan mata air sebagai penyimpaan air hujan," ujarnya.

 

Adanya Arboretum, diharapkan mampu menjadi penyeimbang di masa pemanasan global ke depannya. Selain itu, Arboretum juga sebagai pendukung ruang terbuka hijau, karena 30 persen wilayah kota harus terdapat ruang terbuka hijau.

 

Manfaat arboretum lanjut Firman akan lebih maksimal apabila didukung oleh lingkunga sekitarnya. "Upaya ini akan lebih bermanfaat apabila wilayah sekitar Arboretum ditanami pohon-pohon lainnya," tambahnya.

 

Wakil Rektor Institut Sumatera Bidang Non Akademik Prof Sukrasno menambahkan ITERA berkomitmen besar untuk mampu membentuk green kampus, sehingga ke depannya masyarakat Lampung mampu merasakan manfaatnya, karena wilayah hijau merupakan jantung dari dunia.

 

Lebih lanjut, Sukrasno menjelaskan Arboretum diharapkan mampu menjadi momentum dalam menumbuhkan kepedulian terhadap pohon, khususnya untuk daerah Lampung.

 

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, dalam acara ini dilakukan kegiatan penanaman pohon yg dilakukan seluruh peserta seminar dan pengamatan matahari sunspot dan solar flare.

 

Dalam acara ini diihadiri oleh Perwakilan Bupati Lampung Selatan, Perwakilan Walikota Bandar Lampung, Dinas Kehutanan,  Dinas Pariwisata, Dinas Balitbang, Perwakilan Perguruan Tinggi Negeri/swata, Perwakilan Korem 043/Gatam, Kepala Sekolah SMP/SMA, MAPALA Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Mahasiswa/i ITERA. (rls)

Editor: Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com