Masyarakat Tuba Paling Banyak Gunakan Alat Kontrasepsi Spiral

Tanggal 17 Nov 2020 - Laporan - 626 Views
Herry Novrizal. Foto. Rhm.

MOMENTUM, Menggala--Masyarakat di Kabupaten Tulangbawang banyak yang menggunakan alat kontrasepsi jenis implan dan intrauterine device (UID) atau yang lebih dikenal dengan spiral.

"Spiral lebih dominan digunakan masyarakat Tulangbawang dibandingkan dengan alat kontrasepsi jenis yang lain," kata Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Tulangbawang, Hariyanto, mewakili kepala dinasnya, Herry Novrizal, Selasa (17-11-2020).

Menurut dia, jumlah peserta program KB di Tulangbawang cukup tinggi. Ada beragam jenis alat kontrasepsi. Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) seperti implan,  IUD, pil, kondom, suntik, metode operasi wanita (MOW) dan metode operasi pria (MOP).

"Sejauh ini, kontrasepsi jenis implan dan IUD yang paling banyak digunakan," kata Hariyanto.

Pengunaan alat kontrasepsi jangka pendek masih menjadi andalan bagi pasangan suami istri di usia subur.  Walaupun pengunaan MKJP kurang efektif dalam mencegah kehamilan.

"Program KB bukan untuk melarang masyarakat mempunyai anak. Tetapi lebih melindungi kesehatan ibu dan anak. Kami sering mendengar soal kehamilan yang tidak diinginkan dan berujung pada aborsi. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan ibu," katanya. 

Sementara dengan ber-KB,  bermanfaat membantu pertumbuhan anak dalam pemberian air susu ibu (ASI) secara ekslusif. Meningkatkan kualitas keluarga. Mengatur jarak kelahiran. Sehingga dapat meningkatkan kualitas keluarga baik itu pendidikan maupun perekonomiannya. (*)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com