Realisasi PAD Lambar Capai 73 Persen

Tanggal 30 Agu 2017 - Laporan - 1026 Views
Rakor evaluasi PAD Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Harianmomentum--Hingga saat ini, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2017 mencapai 73 persen dari target yang ditetapkan. Terhitung dari tanggal 25 Agustus, realisasi PAD mencapai Rp30 milliar lebih dari target Rp42 milliar lebih.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Lambar Sudarto saat rapat kordinasi (Rakor) PAD dan PBB di ruang rapat kantor setempat, Rabu (30/8).

Sudarto menerangkan rakor  tersebut  bertujuan mengevaluasi pelaksanaan APBD tahun 2017, khususnya dalam pencapaian PAD. “Rakor ini juga sebagai upaya optimalisasi langkah-langkahefektif dalam pengelolaan PBB dan PAD untuk mencapai target yang  ditetapkan,” kata Sudarto..

Selain itu, dalam rakor itu juga dilakukan validasi piutang PBB-P2 dari pelimpahan Kantor KPP Pratama Kotabumi tahun 1994 sampai dengan 2013. Validasi tersebut akan dilakukan oleh aparat kecamatan dan pekon/kelurahan.

Dia menerangkan, rincian realisasi PAD sebesar 73 persen itu berasal dari pajak daerah yang terealisasi Rp 5,1 miliar lebih dari target Rp7,03 miliar lebih. Retribusi daerah terealisasi Rp686, 8 juta lebi dari target Rp1,5 miliar lebih. 

 

Kemudian, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan atau bagian laba atas penyertaan modal pada badan usahan milik daerah (BUMD) yang terealisasi sebesar Rp3,2 miliar lebih dari target Rp3,6 miliar lebih dan lain-lain pendapatan yang sah Rp21,7 miliar dari target Rp30,06 miliar lebih.

 

“Secara umum, realisasi PAD tahun 2017 sudah mencapai 73,02 persen. Meski, untuk penerimaan dari retribusi daerah masih belum mencapai 50 persen dari target yang ditetapkan,” terangnya.

 

Wakil Bupati Lambar  Makmur Azhari menyampaikan, penerimaan pendapatan daerah, khususnya yang bersumber dari PAD berpotensi besar mendukung pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. 

 

Menurut dia, sampai saat ini sektor PAD baru menyumbang 4,19 persen dari total penerimaan daerah Kabupaten Lambar. Dengan kata lain tingkat ketergantungan Kabupaten Lambar terhadap pemerintah pusat masih sangat tinggi. (lem)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com