Simulasi Penanganan Jenazah Covid Diikuti Satgas dari Seluruh Kecamatan

Tanggal 04 Des 2020 - Laporan - 654 Views
Simulasi penanganan jenazah warga terjangkit virus Corona. Foto. Ist.

MOMENTUM, Gunungsugih--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng) menggelar simulasi penanganan jenazah warga terjangkit virus Corona atau Covid-19, Jumat (4-12-2020).

Kegiatan yang dilakukan di Lapangan Merdeka Gunungsugih tersebut melibatkan Dinas Kesehatan, BPBD, dan satgas penanganan Covid-19 dari 28 kecamatan se-Lamteng.

Asisten Bidang Administrasi dan Umum Pemkab Lamteng, Sarjito mewakili Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lamteng, Adi Erlansyah,  berharap seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan serius. Agar kelak jika ada warga yang wafat karena virus Corona dapat ditangani sesuai dengan protokol Covid-19.

Selain itu, Sarjito meminta materi pelatihan disampaikan secara detail dengan penjelasan rinci. Sehingga peserta dapat memahami dengan baik proses pemakaman jenazah bila ada warga masyarakat yang meninggal karna virus corona.

Mulai dari proses persiapan pemakaian alat pelindung diri hingga di pemakaman, sehingga petugas tidak ragu lagi dalam melaksanakan tugasnya karna sudah mengetahui proses nya yang sesuai dengan protokol covid 19

Dalam simulasi ini, dijelaskan Sarjito, satuan tugas diberi pelatihan cara menggunakan APD, membungkus jenazah yang ada di dalam peti dan protokol kesehatan saat memakamkan juga usai memakamkan jenazah.

Ditegaskan Sarjito, pemulasaraan jenazah covid 19 sangat penting, sehingga petugas dari satuan tugas yang ada di kecamatan siap melakukan tugas sesuai protokol Covid-19.

"Mereka butuh pengetahuan dan keahlian menangani jenazah terpapar Covid-19, karena ini di luar kebiasaan menangani jenazah pada kondisi normal," terang Sarjito. (*)

Laporan: Ijal/Rls

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com