Pendukungnya ke Rycko-Jos, Yusuf Kohar: Mereka Bukan Relawan

Tanggal 07 Des 2020 - Laporan - 1261 Views
Deklarasi untuk Rycko-Jos yang dipimpin Sukoyo (mantan pendukung Yutuber). Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Relawan pendukung M Yusuf Kohar-Tulus Purnomo (Yutuber) dikabarkan meninggalkan pasangan calon kepala daerah (paslonkada) nomor urut 2 tersebut.

Mereka yang dikomandoi oleh Sukoyo itu pun mengalihkan dukungannya pada pasangan nomor urut 1, Rycko Menoza-Johan Sulaiman. 

Alasan pengalihan dukungan, karena Yusuf-Tulus belum membayar uang lelah untuk mencari massa pendukung. Kabar itu santer diberitakan pada Senin (7-12-2020).

Menanggapi hal hal tersebut, calon Walikota Bandarlampung M Yusuf Kohar menanggapinya dengan santai. Menurut Yusuf, mereka itu bukanlah relawannya. 

"Relawan itu kan mendukung tanpa embel-embel apapun juga. Itu baru namanya relawan. Kalau mau dukung kita karena sesuatu hal, itu bukan relawan namanya," kata Yusuf Kohar saat dikonfirmasi melalui sambungan telapon, Senin (7-12).

Menurut Wakil Walikota Bandarlampung itu, dia tidak perlu orang-orang (relawan, red) semacam itu.

"Kita butuh relawan yang mau mendukung dengan hati yang bersih. Yang yakin dengan kami, bisa membawa perubahan untuk Bandarlampung," jelasnya.

Soal ucapan Sukoyo yang menyebut kalau ada 20 ribu lebih suara Yutuber yang akan hilang, menurut Yusuf itu bukan masalah.

"Tidak mungkin lah kalau sampai sebanyak itu. Paling hanya berapa. Ini sudah H-2, tidak mungkin bisa. Itu bisa-bisa dia saja," ucapnya. 

Meski demikian, Yusuf menganggap hal tersebut adalah bagian dari dinamika politik, jelang Pilkada tahun 2020. 

"Kita jalani saja. Lusa kita sudah mulai melakukan pemungutan suara. Sampai sekarang masih banyak relawan kami yang benar-benar rela mendukung kami," ungkapnya.

Sebelumnya, mantan pendukung Yutuber bernama Sukoyo mengatakan, sesuai hasil rekap data yang sudah masuk, dipastikan sebanyak 20.000 masyarakat (semula ke Yutuber) akan mendukungan pasangan Rycko-Jos.

Menurut dia, data itu valid: by name, by address yang tersebar di 17 kecamatan, dan kemungkinan akan bertambah, menjadi sekitar 23.000 dukungan.

Sukoyo juga mengatakan bahwa pasangan Yusuf-Tulus tidak komitmen terhadap janji-janjinya, sehingga mereka mengalihkan dukungan untuk memenangkan pasangan Rycko-Jos 

Sukoyo berserta puluhan orang yang sebelumnya tergabung dalam tim pemengan Yutuber pun telah mendeklarasikan diri, mendukung Rycko-Jos dan menyerahkan secara resmi data dukungan yang tersebar di 17 kecamatan kepada tim pemenangan Rycko-Jos.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra W

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bacalon Bupati Mesujii Dilantik Sebagai Ketua ...

MOMENTUM, Tanjungraya--Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah dilan ...


Pilakda Pringsewu, Pujakesuma Dukung Fauzi ...

MOMENTUM, Pringsewu--Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Lampung ...


Fit Proper Test di PDIP, Arinal Tegas Lanjutk ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mengembalikan berkas pendaftaran bakal c ...


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com