Korupsi PAD, Empat Pejabat Lamsel Jadi Tersangka

Tanggal 22 Des 2020 - Laporan - 1017 Views
Salah seorang terangka korupsi PAD di Pemkab Lamsel.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung bidang tindak pidana khusus (Pidsus) menetapkan empat orang tersangka korupsi penyelewengan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kasus itu terkait penyelewengan PAD dari sektor pajak dan retribusi mineral bukan logam (minerba) melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi daerah (BPPRD) Lampung Selatan (Lamsel) tahun anggaran 2017-2019.

Adapun keempat orang tersangka yakni, Merwin dan Efriansyah pejabat eselon IV dan Soma staf BPPRD Lamsel. Sedangkan satu tersangka lain yakni YY merupakan pejabat Eselon III.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Lampung Andrie W Setiawan mengatakan, penyelidikan yang dilakukan tim Pidsus Kejati Lampung hari ini menetapkan empat orang tersangka, namun hanya tiga orang yang hadir.

"Empat orang yang ditetapkan tersangka, yang hadir tiga orang langsung dilakukan penahanan hari ini juga ," ujar Andrie, Selasa (22-12-2020).

Mantan Kasi Intel Kejari Bandarlampung tersebut menjelaskan, tersangka yang ditahan hari ini merupakan pejabat eselon IV, kemudian staf dan tenaga TKS yang ikut dalam perkara tersebut.

Peran dari tersangka ini, kata Andrie, yakni tidak menyetorkan pajak  minerba ke Daerah selama dua tahun terhitung 2017-2019 sebesar Rp2 Milar.

Andrie melanjutkan, tindak lanjut dari intelijen yang melakukan penyelidikan, lalu dilimpahkan ke Pidsus, kemudian mematangkan penyelidikan dan penetapan tersangka, karena dinilai sudah memenuhi unsur.

"Saksi cukup banyak yang diperiksa termasuk perusahan-perusahaan yang sudah setor. Pasal yang disangkakan pasal 2 dan pasal 3 UU tindak pidana korupsi," kata Andrie.(**)

Laporan: Ira Widya
Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Bangun Rejo Dalami Kasus Penemuan Maya ...

MOMENTUM, Bangunrejo--Warga Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangu ...


Polres Lampura Tangkap Pencuri di Rumah Kades ...

MOMENTUM, Kotabumi--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi Sat ...


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com