Tubaba Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19

Tanggal 31 Jan 2021 - Laporan - 537 Views
Armada pengangkut, mulai bergerak mendistribusikan vaksin covid-19 dari Gudang Farmasi Dinkses Tubaba ke 16 puskesmas

MOMENTUM, Panaragan--Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mulai mendistribusikan vaksin sinovac ke 16 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di daerah setempat.

Vaksin untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap serangan covid-19 itu didistribusikan dari Gudang Farmasi Kantor Dinas Kesehatan Tubaba. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tubaba Eka Riana mengatakan, proses distribusi vaksin tersebut, berlangsung mulai Jumat 29 Januari 2021 hingga Senin 1 Februari 2021.

"Untuk tahap pertama ini, kita mendapat 2.120 dosis vaksin covid-19. Kemarin mulai kita distribusikan ke ke 16 puskesmas di Kabupaten Tubaba," kata Eka mewakili Kepala Dinas Kesehatan setempat Majril, Sabtu (30-1-2021).

Menurut dia, para tenaga kesehatan menjadi prioritas penerima vaksin tahap pertama itu. 

Selain ke puskesmas, vaksin tersebut juga didistribusikan ke Rumah Sakit Umum Dearah Tubaba. "Jadi dari 2.120 dosis vaksin itu, untuk sementara yang kita distribusikan 2.068 dosis. Sisaya kita simpan di gudang farmasi," ungkapnya.

Dia melanjutkan, dari 2.068 dosis vaksin yang didistribusikan, 306 dosis untuk RSUD Tubaba dan 114 dosis untuk dinas kesehatan," terangnya.

Dia berharap, proses vaksinasi tahap pertama itu dapat berjalan lancar. Selain itu masyarakat diimbau tidak takut divaksin. Menurut dia, pemerintah sudah menjamin keamanan dan kehalalan vaksi tersebut.

Meski demikian, untuk mencegah penularan covid-19, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan mengihindari kerumunan.

"Vaksin ini berfungsi untuk membentuk kekebalan daya tahan tubuh, jika terpapar covid-19. Jadi untuk menghindari penularan, tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan," jelasnya. (**)

Laporan: Solihin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com