Bupati Tubaba Minta Camat Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

Tanggal 11 Feb 2021 - Laporan - 588 Views
Bupati Tubaba Umar Ahmad memberikan arahan kepada para camat terkait program pelayanan publik

MOMENTUM, Panaragan--Camat punya peran penting dalam mengkoordinir efektifitas dan kemudahan pelayanan publik kepada masyarakat. Karena itu camat harus selalu hadir di tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad saat koordinasi program pelayanan publik prima dengan para camat sekabupaten setempat. Kegiatan berlangsung di cafe Kota Wisata Budaya Uluan Nughik Kelurahan Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah,  Kamis (11-2-2021).

Menurut Umar, pelayanan publik tidak hanya menyangkut bidang kesehatan, pendidikan dan adminstrasi kependudukan. Pelestarian lingkungan hidup juga menjadi bagian dari program pelayanan publik yang harus gencar dilakukan. 

"Selama tahun 2021 belum pernah saya dengar camat melakukan penanaman pohon untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga kelestarian lingkungan," ungkapnya.

Selaian itu, para camat juga harus mampu menggerakan aparat dan masyarakat berperan aktif menjaga dan merawata hasil-hasil program yang telah dilaksanakan. 

"Contohnya, jangan karena tahun kemarin, camat sudah menanam pohon, sehingga tidak lagi dipantau. Pohon kayu itu bukan seperti tiang listrik, yang tidak akan mati selalu cukup dengan hitungan. Itu harus terus dipantau dan dirawat. Begitu jug dengan hasil program pembangunan lainya," imbaunya.

Karena itu, bupati meminta para camat memperkuat koordinasi dan sinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Termasuk dengan para aparat tiyuh (desa). 

"Belum tentu semua masyarakat mengerti tujuan program yang kita lakukan. Camat harus bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan para aparat tiyuh, untuk menyosialisasikan program yang dilaksanakan," terangnya. (**)

Laporan: Solihin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


Wahdi Ajak Jaga Kerukunan ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masya ...


Puluhan Hektare Tanaman Padi di Mesuji Teranc ...

MOMENTUM, Mesuji--Puluhan hektare tanaman padi di Desa Sidangkurn ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com