Lansia Membutuhkan Kerabat dan Teman Sebaya

Tanggal 22 Feb 2021 - Laporan - 437 Views
Para lansia dibekali keterampilan.

MOMENTUM, Jabung--Kebutuhan sosial bagi warga lanjut usia (lansia) mutlak diperlukan terutama dengan hadirnya kerabat, sahabat, teman sebaya.

Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Lampung Sunarju Saeni mengatakan pemenuhan kebutuhan tersebut memerlukan bantuan orang lain karena panduan mengalami penurunan kognitif.

"Psikologis lansia juga harus diperhatikan, karena kondisi lansia ini rentan terganggu secara psikologis," ujar Sumarju Saeni kepada harianmomentum.com melalui sambungan telepon selulernya, Senin (22-2-2021).

Sumarju melanjutkan, lansia membutuhkan teman yang sabar dan dapat memahami kondisinya. Dukungan keluarga menjadi peran utama dalam masalah ini.

"Sebagian besar lansia di Lampung tinggal bersama keluarga. Karang Lansia Surya Bakti di Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur berperan penting khususnya dalam membantu kebutuhan sosial sekaligus kebutuhan psikologis mereka," tambahnya.

Pembina Karang Lansia Surya Bakti, Srikuncoro Wati menyebutkan jumlah anggota Karang Lansia yang mengikuti kegiatan secara rutin sebanyak 45 orang.

"Upaya mengoptimalkan kualitas hidup lansia agar tetap sehat saat pandemi Covid-19 yang dilakukan secara rutin pada Sabtu yakni melatih fungsi fisik, mental, kognitif, maupun spiritual," ujar kuncoro.

Kegiatan tersebut antara lain melalui senam lansia, siraman rohani, ketrampilan sederhana dan pemeriksaan kesehatan.
Kegiatan tersebut berlangsung di berlangsung di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Surya Bakti, Jabung.

Menurut Sri Kuncoro, pasa pandemi ini, komunikasi serta kegiatan lansia tetap dilakukan walaupun dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.
Diharapkan, lansia tidak kesepian yang dapat berpengaruh pada kondisi psikologisnya seperti stress, depresi, cemas, dan gangguan lainnya, katanya. (*).
Laporan: Arif Fahrudin
Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com