Jalan Onderlagh di Abung Timur Diduga Tak Sesuai RAB

Tanggal 11 Sep 2017 - Laporan - 1781 Views
Warga menunjukkan jalan onderlagh yang diduga tak sesuai RAB. Foto: Yansen

Harianmomentum--Jalan onderlagh Desa Papanrejo Kecamatan Abung Timur, Lampung Utara (Lampura) sepanjang 1000 meter yang menggunakan dana desa (DD) dengan pagu Rp 300 juta, diduga tidak sesuai RAB nya.


Petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) pembangunan jalan onderlagh tidak dilaksanakan oleh pelaksana kegitan. Contohnya, pada pada penghamparan pasir uruk, sebelum penyusunan batu belah yang tidak dilakukan oleh pekerja.


Penghamparan pasir hanya dilakukan setelah batu tersusun. Padahal diketahui dalam semestinya penghamparan pasir ini dilakukan dua kali, yakni sebelum penyusunan batu dan setelah pemasangan batu sesudah digilas dengan alat berat.


Kemudian, pada pemasangan batu belah ukuran 15, jelas telihat disusun melebar atau tidur. Padahal penyusunan batu semestinya rapat dan dengan posisi berdiri.


Selanjutnya batu ukuran 5/7 dan batu krikil ukuran 2/3 yang seharusnya disusun pada celah batu berdiri yang berfungsi sebagai pengunci atau pengikat juga tidak terlihat ada pada pekerjaan jalan onderlagh desa tersebut.


Lantaran terkesan asal jadi, sejumlah warga desa Papanrejo pun meragukan kualitas jalan onderlagh tersebut. Warga juga meminta kepada pelaksana kegiatan untuk diperbaiki ulang.


Wahid, warga desa setempat yang kebetulan berada di lokasi kegiatan mengaku buruknya hasil pekekerjaan lantaran kekurangan material batu.


"Itu kebetulan material lagi kurang, tapi sudah dipasang oleh pekerja maka jadinya seperti itu. Pak kadus juga sudah tahu dan minta agar pekerjaan ini diperbaiki kembali," ujar Wahid beberapa waktu yang lalu.


Sementara, salah satu warga yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa setiap pembangunan yang dilaksanakan oleh desa kerap dilaksanakan tanpa musyawarah. Setiap hasil pembangunan desa juga kerap bermasalah.


Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Desa Papanrejo, Mulkan belum dapat dikonfirmasi. Nomor Hp yang bersangkutan beberapa kali dihubungi meski dalam kondisi aktif tak kunjung diangkat. Pesan singkat SMS yang dikirim juga tak kunjung dibalas.(ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com