Turunkan Angka Pengangguran, Disnaker Harapkan Peran BLK

Tanggal 09 Mar 2021 - Laporan - 575 Views
Kepala Dinas TenagaKerja Lampung Agus Nompitu.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung berharap melalui Balai Latihan Kerja (BLK) bisa menekan angka pengangguran.

Menurut Kepala Disnaker Lampung Agus Nompitu, angka pengangguran di Bumi Ruwa Jurai saat ini berada di posisi kedua terendah se-Sumatera.

"Karena itu, diharapkan BLK ini bisa membantu menekan angka pengangguran di Lampung," kata Agus saat diwawancarai di Hotel Novotel, Selasa (9-3-2021).

Dia menyebutkan, beberapa hal yang dilakukan dengan memberi pelatihan bagi para calon pekerja. "Jadi kita akan memanfaatkan BLK untuk memberikan peningkatan kualitas calon-calon pekerja kita," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengajak LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) swasta di Lampung untuk bersinergi dalam peningkatan kualitas calon pekerja.

"Kita ada 189 LPK swasta. Ini harus menjadi mitra kerja untuk memberikan pelatihan-pelatihan calon tenaga kerja," terangnya.

Dia berharap hingga akhir 2021, angka pengangguran di Provinsi Lampung menurun. "Kita harapkan angka ini turun. Apalagi tahun 2022," sebutnya.

Dia juga mengatakan, Disnaker akan memantau standar kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja. Terlebih, menurut dia, spesifikasi masing-masing kabupaten/kota berbeda. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


Tunggulpawenang Bangun Jalan Rabat Beton Guna ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Tunggulpawenang, Kecamata ...


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com