Dukung Program ODF, Satgas TMMD Bangun Sarana MCK

Tanggal 10 Mar 2021 - Laporan - 507 Views
Satgas TMMD ke 110 Kodim 0429/Lamtim ,embangun sarana MCK di Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhanmaringgai

MOMENTUM, Labuhanmaringgai--Bedah rumah sekaligus pembangunan sarana sanitasi sehat berupa MCK (mandi cuci kakus) menjadi salah satu kegiatan dari delapan sasaran utama program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 110 yang dilaksanakan personel Kodim 0429/Lampung Timur.

Bedah rumah dan pembangunan sarana MCK itu menyasar kediaman Misyati salah satu warga tidak mampu di Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhanmaringgai.   

Prajurit Dua (Prada) TNI Aris Purnomo anggota Satgas TMMD Kodim 0420 Lamtim mengatakan, selain menyiapkan rumah layak huni bagi warga tidak mampu, pembangunan sarana MCK itu bertujuan mendukung optimalisasi program sanitasi bersih dan sehat berupa gerakan anti buang air besar sembarangan atau Open cefecation free (ODF).

"Dengan dibangunya MCK ini  diharapkan warga semakin memahami pentingnya hidup sehat, karena rumah yang tidak mempunyai fasilitas MCK  bisa dipastikan lingkunganya juga kurang bersih dan sehat," kata Prada Aris Purnomo, Rabu (10-3-2021).

Selain itu, lanjut dia, pembangunan MCK itu juga bagian dari upaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan drajat kesehatan masyarakat, khususnya di Kabupaten Lamtim. 

Misyati warga Desa Sukorahayu yangmenjadi sasaran kegiatan bedah rumah dan pembangunan sarana MCK itu mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya TMMD.

"Terima kasih kepada bapak-bapak tentara. Rumah saya sudah diperbaiki dan dibangunkan MCK. Sudah lama kami sekeluarga berharap punya MCK sendiri. Sekarang jadi kenyataan.  Dibangun sama bapak-bapak tetara," ungkapnya. (**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com