Kepala Bappeda Ungkap Lima Prioritas Pembangunan Lampung Barat

Tanggal 17 Mar 2021 - Laporan - 560 Views
Musrenbang Kabupaten Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa--Kepala Bappeda Lampung Barat (Lambar) Agustanto Basmar menyebutkan ada lima prioritas pembangunan pada tahun 2022.

Prioritas pembangunan itu merupakan hasil  penjaringan aspirasi melalui musyawarah perencanaan pemangunan (musrenbang) tingkat pekon (desa) dan tingkat kecamatan.

"Penjaringan aspirasi itu dilaukan sejak awal tahun, pada Janurari sampai Februari 2021," ujar Agustanto saat Musrenbang) Tingkat Kabupaten Lambar di lapangan kantor pemkab setempat di Liwa, Rabu (17-3-2021).

Agustanto menyebutkan, kelima prioritas pembangunan tersebut, pertama, memantapkan kualitas infrastruktur pelayanan dasar yang berwawasan lingkungan serta mitigasi bencana.

Kedua memantapkan kualitas layanan dasar untuk pembangunan semberdaya manusia. Ketiga, percepatan pemulihan ekonomi melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. 

Keempat, meningkatkan nilai tambah produk unggulan yang inovatif dan sektor pariwisata untuk meningkatkan daya saing daerah. 

Terakhir, peningkatan kualitas apratur yang profesional, tata kelola pemerintah yang baik dan stabilitas kamtibmas.

"Dalam integrasi proses pembangunan dan penganggaran maka seluruh proses usulah telah dilaksanakan melalui aplikasi sistem informasi pemerintah daerah yang diintregrasikan dengan SIPPD," katanya.

Berdasarkan aplikasi, kata dia, ada seribu lebih usulan yang masuk untuk tahun 2022. Usulan terbanyak berada di Dinas PUPR dengan total 337 usulan pembangunan. Disusul 239 usulan bidang pendidikan dan kesehatan 62 usulan.

Selanjutnya, untuk sektor perkebunan dan perternakan tercatat 81 usulan, lingkungan hidup 60 usulan. Tanaman pangan dan holtikultura 46 usulan.

Penanggulangan bencana daerah 45 usulan, kesekretariatan 21 usulan, perikanan 20 usulan, sosial 13, urusan koprasi UMKM perindustrian 13 usulan, Pemeliharaan Penduduk dan Keluarga Berencana PP PA 7 usulan, perhubungan 5 usulan, capil 3 usulan, ketahanan pangan 3 usulan, Satpolpp dua usulan, usulan pemuda olah raga, perizinan tenaga kerja dan perpustakaan masing-masing satu usulan.

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Lambar, Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Isran mewakili Gebernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Forkopimda, kepala OPD, camat, peratin (kepala desa) se-Lambar. (*).

Laporan: Sulemy

Editor: M Furqon


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Gelar Halal Bihalal Bersama Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Angka Stunting di Tiga Kabupaten Masih Tinggi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Angka stunting di tiga kabupaten masih c ...


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com