Pemkab Lambar Komitmen Optimalkan Penanganan Covid-19

Tanggal 24 Mar 2021 - Laporan - 545 Views
Bupati Lambar Parosil Mabsus memparkan upaya penanganan covid-19 kepada tim Kemenko Polhukam

MOMENTUM, Liwa--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) komitmen terus mengoptimalkan dan mengefektikan upaya pencegahan penularan dan penangan covid-19, sesuai arahan pemerintah pusat.

Komitmen tersebut disampaikan Bupati Lambar saat menerima kunjungan tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Pohukam). Pertemuan jajaran pemkab dan tim Kemenko Polhukam itu berlangsung di Ruang Rapat Pesagi Kantor Pemkab Lambar, Rabu (24-3-2021).

"Kesehatan dan keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi dalam sebuah negara. Karena itu, kami (Pemkab Lambar) terus berupaya mengoptimalkan dan mengefktifkan upaya pencegahan dan penanganan covi-19," kata bupati.

Bupati juga memaparkan berbagai upaya yang pencegahan dan penanganan covid-19 yant telah dilakukan.

Menurut bupati, upaya pencegahan dan penanganan covid-19 di Lambar telah dilakukan sejak pertama kali pemerintah pusat mengumumkan adanya kasus positif di Indonesia. 

"Untuk Lampung Barat kasus positif covid-19 pertama tejadi, satu bulan  setelah kasus positif pertam secara nasional diumumkan. Tepatnya pada tanggal 2 April 2020 salah satu warga Kecamatan Sekincau dinyatakan positif covid-19," ungkapnya.

Dia melanjutkan, saat itu Pemkab Lambar langsung membentuk empat posko pencegahan covid-19 di wilayah perbatasan kabupaten. Kemudian pada 26 Maret 2020, pemkab bersama forkopimda melakukan penyemprotan disinfektan, di sejumlah fasiltas umum dan pembagian 120.000 masker kepada masyarakat.

"Kami juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak covid-19, memberikan insentif kepada tenaga kesehatan yang mempunyai resiko tinggi terhadap penularan covid-19 dan menggalakkan ketahanan Pangan Mandiri," terangnya.

Selain itu, Kabupaten Lambar juga sempat mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat, dalam upaya penanganan pasien positif covid-19 yang meninggal dunia.

"Kekompakan warga yang bergotong royong membantu proses pemakaman pasien positif covid-19 yang meninggal dunia, mendapat apresiasi dari pemerintah provinsi dan pusat," ungkapnya.

Kepala Bidang Strategi Pertahanan 1/IV Kemenko Polhukan Kolonel Laut Widy Prasetyo S mengatakan, kunjugan tersebut untuk melihat secara langsung penanganan covid-19 di Lambar.

"Kunjungan kita ingin melihat penanganan covid-19 di Kabupaten Lampung Barat. Tetapi, akan lebih bagus jika mendapatkan data langsung dari satgas covid-19," katanya.

Pihaknya juga ingin memastikan langsung implementasi pelaksanaan di lapangan. 

"Kita ingin melihat langsung upaya penanganan di lapangan sejak masih Gugus Tugas Percepatan Penanganan hingga berganti menjadi Satgas Pencegahan dan Penanganan covid-19," terangnya.

Selain Kepala Bidang Strategi Pertahanan 1/IV  tim Kemenko Polhukam yang berkunjung ke Lambar: Kabid Doktrin Pertahanan 1/IV Kolonel Inf.Suteikno Suleman, Analis Polhukam 1/IV Domaeld Putra dan Analis Umum 1/IV Ispriyanto. (**)

Laporan: Sulemy

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polres Pringsewu Bantu Cegah DBD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Upaya pencegahan dan penanggulanan penyakit ...


Warga Podomoro Berharap Revitalisasi Bendunga ...

MOMENTUM, Pringsewu--Para petani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pri ...


Metro Serius Implementasikan KLA ...

MOMENTUM, Metro--Perlindungan dan pendampingan terhadap perempuan ...


Pemprov Gelar Halal Bihalal Bersama Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com