Tipu Ratusan Warga, IRT Asal Banjarmargo Ditangkap di Lamsel

Tanggal 26 Apr 2021 - Laporan - 552 Views
Seorang ibu rumah tangga (dua kiri) ditangkap lantaran dugaan penipuan modus penjualan sembako murah.

MOMENTUM, Menggala--Diduga melakukan penipuan terhadap ratusan warga, seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Kampung Penawarjaya, Kecamatan Banjarmargo, Kabupaten Tulangbawang ditangkap di rumah kontrakan daerah Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel).

"Rabu siang petugas kami bersama Tekab 308 Polres Tulangbawang berhasil menangkap seorang berinisial YK karena melakukan penipuan terhadap 802 orang warga dengan modus menawarkan paket sembako murah," ujar Kapolsek Banjaragung Kompol Devi Sujana, mewakili Kapolres AKBP Andy Siswantoro, Senin (26-04-2021).

Kompol Devi melanjutkan, sebanyak 802 orang warga yang menjadi korban penipuan itu telah membeli tiga macam paket sembako murah seharga Rp50 ribu sebanyak 678 orang. Kemudian, paket seharga Rp80 ribu sebanyak 35 orang dan Rp100 Ribu sebanyak 89 orang.

Kasus penipuan dengan modus menawarkan paket sembako murah itu terungkap setelah adanya laporan dari Susi Aningsih (46), Nurhayati (41) dan Ipon Ningsuh (34), yang masih satu kampung dengan pelaku.

"Pelaku meminta kepada pelapor dan tujuh orang rekannya mencari warga yang berminat untuk mendaftar paket sembako murah tersebut, bila mendapatkan 10 orang akan mendapatkan bonus 1 paket sembako dengan syarat membayar uang tunai seharga paket sembako dan menyerahkan 1 lembar foto copy KTP," ungkap Kompol Devi.

Pelapor dan rekan-rekannya percaya karena dari 1128 orang pemesan, sebanyak 326 warga sudah mendapatkan paket sembako tersebut. Namun, sisanya tidak juga terealisasi hingga pelaku dilaporkan ke Polsek Banjaragung.

Akibat kejadian itu, pelapor dan rekan-rekannya tercatat 802 orang mengalami kerugian yang ditaksir mencapai Rp45,6 juta.

Pelaku saat ini sudah ditahan di Mapolsek Banjaragung dan dikenakan Pasal 378 KUHPidana dan atau Pasal 372 KUHPidana. Diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.(**)

Laporan: Abdul Rahman

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Bangun Rejo Dalami Kasus Penemuan Maya ...

MOMENTUM, Bangunrejo--Warga Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangu ...


Polres Lampura Tangkap Pencuri di Rumah Kades ...

MOMENTUM, Kotabumi--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi Sat ...


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com