HP Termasuk Harta Kena Pajak, Rizal Ramli: Ilmu Mbok Sri Kok Cuma Segitu

Tanggal 17 Sep 2017 - Laporan - 1651 Views
ilustrasi: Net

Harianmomentum--Masyarakat dihebohkan dengan unggahan akun Twitter Direktorat Jenderal Pajak yang meminta wajib pajak memasukkan telepon selular atau handphone (HP) dalam Surat Pelaporan Harta Tahunan (SPT) Pajak.


Ekonom senior Indonesia Dr. Rizal Ramli melihat hal itu sebagai bentuk kepanikan pemerintah meningkatkan jumlah pajak dari masyarakat. Dia menyebut langkah itu sebagai upaya kejar setoran, mengingat jumlah utang negara yang terus membengkak tiap tahun.


"Saking paniknya uber setoran cicilan utang, HP harus didaftarkan sbg harta," tulis Rizal Ramli dalam akun Twitter @RamliRizal (Minggu, 17/9). 

Menko perekonomian era Presiden Gus Dur itu pun menyinggung kinerja Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selama ini. Rizal Ramli melihat, mantan direktur World Bank tersebut gagal dalam upaya mencapai jumlah pajak sebagaimana yang ditargetkan pemerintah.    

"Depresiasi HP sangat tinggi, kok ilmunya cuman segitu Mbok Sri," sindir Rizal Ramli. 

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama berdalih bahwa SPT wajib pajak orang pribadi tidak hanya digunakan untuk melaporkan penghasilan saja, namun juga harta yang dimiliki dari penghasilan tersebut, termasuk ponsel.

"Jadi keseluruhan harta termasuk handphone yang dibeli dari penghasilan yang telah dibayar pajaknya wajib dilaporkan dalam SPT Tahunan," ujarnya, Jumat lalu (15/9).

Dia menambahkan, dengan kewajiban melaporkan harta ke dalam SPT Pajak maka Ditjen Pajak bisa melihat adanya sinkronisasi antara besarnya penghasilan dengan besaran tambahan harta yang terjadi dalam satu tahun. Meski begitu, Ditjen Pajak mengakui UU Pajak tidak mengatur tegas batasan nilai maupun jenis harta yang harus dilaporkan dalam SPT. 
(rmol)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


'Ngabuburit' Sambil Melihat Satwa di Lembah H ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hija ...


Lenovo Hadirkan Think Station P8, Workstation ...

MOMENTUM, Jakarta -- Lenovo meluncurkan Think Station P8 di Indon ...


BI Lampung Layani Penukaran Uang di Kapal Pel ...

MOMENTUM, Lampung--Bank Indonesia Provinsi Lampung memperluas lay ...


Safari Ramadan, PLN Nusantara Power Jamin Pas ...

MOMENTUM, Tarahan -- PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Tarah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com