Andika Wibawa: Bagi Saya Mudik Lebaran adalah Keharusan

Tanggal 10 Mei 2021 - Laporan - 827 Views
Ketua Partai Gerindra Kota Bandarlampung Andika Wibawa. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Partai Gerindra Kota Bandarlampung Andika Wibawa lebih memilih mudik ke kampung halaman, ketimbang berdiam di kota setempat pada Idul Fitri 1442H.

Menurut Andika, mudik adalah tradisi yang harus dijalani, dalam situasi apapun juga. Apalagi, anjuran mudik berkaitan dengan silaturahmi yang memang diwajibkan oleh agama.

“Mudik itu bukan tanpa alasan, minimal bertemu orang tua. Kita di kota bertahun-tahun, jarang bertemu orang tua di kampung. Dalam Al-Quran dijelaskan: temui orang tuamu selagi mampu,” kata Andika pada harianmomentum.com, Senin (10-5-2021).

Untuk itu, pada lebaran kali ini Andika pun mengaku akan mudik ke kampung halaman sang istri di bilangan Labuanmaringgai, Kabupaten Lampung Timur. “Saya lebih takut dengan Allah ketimbang pemerintah,” ujarnya.

Meski demikian, Andika tetap mendukung program pemerintah dalam pencegahan covid-19. Namun, sambung dia, seyogyanya tidak perlu ada larangan mudik. Cukup perketat protokoler kesehatannya saja.

“Sewajarnya sajalah. Mudik pakai prokes, diperketat lagi penerapannya. Kasihankan yang bertahun-tahun mau bertemu sanak keluarga di kampung tapi tidak diperkenankan,” ucapnya.

Jika imbauan pemerintah dalam kategori kewajaran, menurut dia, masyarakatpun akan mengerti, bahkan simpati.

“Kalau beginikan (dilarang mudik), kasihan masyarakat. Bahkan saya dengar ada yang nekat menerobos gerbang (penjagaan), dan menempuh cara-cara lain yang membahayakan. Itu demi bertemu dengan orang tuanya dan keluarganya di kampung halaman,” ungkapnya.

Terlebih, sambung dia, mayoritas masyarakat yang merantau baru punya momen pulang kampung ketika lebaran. Setelah bertahun-tahun bekerja di luar kota.

“Inikan aneh, kalau sampai Salat Idul Fitri dilarang, tapi pariwisata dibuka. Itu sesuati yagn kayaknya ganjil menurut saya. Pemerintah itukan kewajibannya mensejahterakan rakyat, bukan menindas atau menganaktirikan,” ucapnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PK Golkar Lampung Tengah Siap Menangkan Musa ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Pimpinan Kecamatan (PK) Golkar se-Lampun ...


Fauzi Siap Kontribusi Besarkan Partai Nasdem ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Bakal Calon Bupati Pringsewu Fauzi siap be ...


Tujuh Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Amb ...

MOMENTUM, Terbanggibesar -– Sejak dibuka penjaringan pada 1 Mei ...


Jelang Pilkada 2024, Golkar dan Demokrat Jali ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com