Keberangkatan Jemaah Haji, Tunggu Keputusan Arab Saudi

Tanggal 25 Mei 2021 - Laporan - 578 Views
ILustrasi. Ist.

MOMENTUM, Panaragan--Keberangkatan calon jemaah haji (CJH) tahun 2021 menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi. Tahun sebelumnya, tidak ada pemberangkatan CJH dari Indonesia karena pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Pemda Tulangbawang Barat (Tubaba), Nurkholis Majid, hingga kini Pemerintah Arab Saudi belum mengeluarka keputusan soal pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

"Info yang kami dapat tahun ini, seluruh dunia 60 ribu CJH. Khusus Arab Saudi 15 ribu, sisanya untuk semua negara. Jadi, untuk Indonesia khususnya Tubaba belum diketahui berapa kuotanya," jelasnya kepada harianmomentum.com, di ruang kerjanya, Selasa (25-5-2021).

Sementara menurut Efrizon, Kasubag Pelayanan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Tubaba, mengatakan sudah membahas rencana keberangkatan CJH di Kanwil Kemenag di Bandarlampung.

"Belum ada keputusan jadi atau tidaknya. Namun, kegiatan-kegiatan untuk CJH sudah laksanakan, termasuk pasport dan vaksinasi jemaah," katanya.

Untuk jumlah estimasi CJH 

Efrizon memperkirakan tahun ini jumlah jemaah haji asal Tubaba 167 orang yang terdiri dari 79 laki-laki dan 88 perempuan. Usai termuda atas nama  Muhammad Idmaja Oksaputra (23) dari Tiyuh Tirtakencana, Tulangbawang Tengah. Tertua Tumini (79) Kelurahan Panaraganjaya, Tulangbawang Tengah. (*)

Laporan: Solihin.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com