Bangga dengan Harian Momentum, Ini Saran Senior Pers Lampung

Tanggal 13 Jun 2021 - Laporan - 684 Views
Ali Imron, Iskandar Zulkarnain, Suprapto, dan Noverisman Subing (berurutan dari kiri) di acara Malam Puncak HUT ke-4 Harian Momentum. Foto: rbn

MOMENTUM, Bandarlampung--Bangga dengan Harian Momentum. Begitulah salah satu ungkapan yang disampaikan beberapa senior pers di Provinsi Lampung.

Mereka adalah Pemimpin Redaksi Surat Kabar Harian Lampung Post Iskandar Zulkarnain, serta tiga legislator Lampung yang mengawali karirnya di bidang jurnalistik: Suprapto (Fraksi PAN), Noverisman Subing (Fraksi PKB), dan Ali Imron (Fraksi Golkar).

Keempat tokoh yang hingga kini masih berkecimpung di dunia jurnalistik itu hadir pada malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 4 Harian Momentum, di Rumah Makan Kayu, Bandarlampung, Jumat malam (11-6-2021).

Pemred Lampung Post Iskandar Zulkarnain mengatakan, pada era digital seperti sekarang, masyarakat butuh akses informasi yang cepat, akurat dan terpercaya.

“Momentum sudah memberikan ketiga hal tersebut ke masyarakat, melalui website online-nya, koran cetak, maupun media sosialnya. Itu yang membuat kami bangga,” kata Iskandar.

Iskandar juga menyatakan bahwa Harian Momentum dikerjakan oleh pekerja pers yang profesional.

“Hari ini sebagian besar wartawannya sudah lulus uji kompetensi. Artinya sudah bisa membedakan mana karya jurnalistik, mana yang bukan,” ucap Iskandar, Ketua Dewan Kerhormatan Provinsi (DKP) PWI Lampung itu.

Berikutnya, menurut Iskandar, Harian Momentum sudah melakukan kerja-kerja profesional, berlandaskan kode etik jurnalistik.

“Di era disrupsi seperti sekarang, Harian Momentum tidak terlena. Harian Momentum mampu melakukan perubahan yang besar, bahkan maju beberapa langkah,” ungkapnya.

Meski demikian, Iskandar mengingatkan bahwa Harian Momentum bagian dari penegakan demokrasi, sehingga berkewajiban untuk terus melakukan kritik dan saran tanpa melupakan jamuan bagi pelaku pembangunan, penegakan hukum, juga masyarakat.

“Kerja-kerja profesional itu tentu harus dibarengi kepiawaian dalam membuat dan mengiritik stake holder dengan cara yang menyejukkan. Harian Momentum telah mampu dalam hal ini,” ucapnya.

Dia berharap, Harian Momentum bisa terus menghasilkan karya yang menginspirasi masyarakat sehingga lebih berfikir cerdas dan maju dalam membangun Lampung.

“Butuh kerjasama banyak pihak untuk memajukan Lampung, yang merupakan pintu gerbang Sumatera. Semoga Harian Momentum bisa terus menerbitkan berita objektif untuk kepentingan anak bangsa, daerah serta kepentingan masyarakat,” harapnya.

Iskandar juga turut memberikan sedikit kritik dan sarannya untuk kemajuan Harian Momentum di masa mendatang.

“Harian Momentum harus punya gedung sendiri, jangan ngontrak. Mendirikan gedung representatif, yang dapat mengantisipasi perubahan cukup besar di era digitalis,” sarannya.

Tidak hanya Iskandar, Suprapto selaku legislator Lampung yang juga pendiri Koran Editor turut mengungkapkan rasa bangganya terhadap Harian Momentum.

“Terus terang, sebagai orang yang berlatar belakang jurnalis, saya bangga dengan pengelolaan Koran Harian Momentum. Menurut saya, dalam usia yang masih empat tahun sudah sangat baik,” kata Suprapto, Anggota DPRD Lampung asal Fraksi PAN itu.

Sebagai salah satu pelaku bisnis media massa, Suprapto sangat memahami betapa sulitnya mengatur menanjemen perusahaan pers. Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang.

“Saya punya media usianya sudah belasan tahun, saya merasakan benar bagaimana mengelola media di tengah tantangan yang sangat luar biasa ini,” ucap Anggota Dewan Penasehat PWI Lampung itu.

Maka, sambung dia, sangat luar biasa bagi media massa yang masih bisa bertahan di era digitalisasi seperti sekarang.

“Maka kalau masih bisa bertahan di era yang kompetetitif seperti sekarang, artinya orang yang mengelolanya itu punya komitmen tinggi. Ini klik dengan orang-orang di Harian Momentum,” ucapnya.

Suprapto berpesan, agar Harian Momentum bisa terus menjaga independensinya. “Karena media massa orientasinya tidak hanya terhadap keuntungan, tapi ada tugas sosial untuk memperjuangkan hak orang lain. Itu tugas berat yang harus dipegang teguh,” pesannya.

Baca juga: Kesan dan Pesan Legislator di HUT ke-4 Harian Momentum

Noverisman Subing, anggota DPRD Lampung asal Fraksi PKB yang juga Anggota Dewan Penasehat PWI provinsi setempat itu juga menyatakan hal yang sama.

Menurut pria yang akrab disapa Kanjeng Nover itu, selama ini Harian Momentum telah berhasil menciptakan karya-karya jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sesuai dengan jargonnya Harian Momentum: informasi politik dan pembangunan. Semoga Harian Momentum bisa terus menjadi salah satu media kebanggan di Lampung,” harapnya.

Dia pun berpesan agar segenap jajaran Redaksi Harian Momentum bisa terus memberi karya-karya yang profesional, serta senantiasa mengedepankan kode etik jurnalistik.

“Semoga Harian Momentum bisa mempertahankan idealisme jurnalisnya dan tetap memberikan kritik membangun pada pemerintah,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Legislator Lampung asal Fraksi Golkar, yang juga Anggota Dewan Penasehat PWI setempat, Ali Imron.

Ali berharap, Harian Momentum dapat terus menghasilkan karya jurnalistik yang senantiasa mengedepankan kode etik jurnalistik.

“Kita mengucapkan selamat, di usia keempat tahun ini, Harian Momentum sudah bisa jadi bacaan alternatif untuk masyarakat Lampung. Jadi alat penerang bagi orang yang butuh informasi. Terbukti Harian Momentum sudah diakui keberadaannya sebagai media yang menyajikan berita secara berimbang,” kata Ali.

Selain itu, Ali berahap, Harian Momentum bisa terus menghasilkan karya yang mendidik serta mengedukasi masyarakat.

Untuk mencapai hal tersebut, dia berpesan agar pengelolaan perusahaan Harian Momentum senantiasa memperhatikan kesejahteraan para karyawannya.

“Saya dengar wartawan Harian Momentum sudah lolos UKW semua. Maka yang tak kalah penting bagaimana agar para jurnalisnya itu bisa sejahtera. Karena keberhasilan itu harus diimbangi dengan kesejahteraan para karyawan,” ungkapnya.

Karena menurut Ali, di era yang serba canggih seperti sekarang, selain loyalitas dan kredibilitas media, harus juga diimbangi dengan kesejahteraan para pekerjanya, sehingga independensi para jurnalisnya terjaga.

“Ini tantangan bagi pengelola dalam meningkatkan kesejahteraan dan memberikan kehidupan yang layak bagi para perwartanya,” jelasnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Desca 'Warning' ASN Tak Netral di Pilkada 20 ...

MOMENTUM, Metro--Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Metro, Descata ...


Panaskan Mesin Partai Lewat Rakerdasus, Sudin ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPD PDI Perjuangan Lampung menggelar rap ...


Pendistribusian Logistik Pilgub Lampung 2024 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Mirza-Jihan Hadiri Shalawat Kebangsaan di Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubern ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com