Polisi Militer Gelar Karya Bhakti dan Bhakti Sosial di Pringsewu

Tanggal 14 Jun 2021 - Laporan - 377 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi bersama Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung Letkol CPM Hanri Wira Kusuma.

MOMENTUM, Pringsewu--Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung melaksanakan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial di Monumen Gajah Mada, Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Senin (14-6-21).

Kegiatan untuk memperingati HUT Ke-75 Corps Polisi Militer, tersebut dihadiri Bupati Pringsewu Fauzi, Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam II/3 Lampung Letkol CPM Hanri Wira Kusuma,  sejumlah pejabat Polisi Militer dan pemkab, serta pamong dan tokoh masyarakat setempat.

Hanri Wira mengatakan, sengaja datang ke Monumen Gajah Mada Panggungrejo, Pringsewu, guna mengingat perjuangan Mustaja.

"Berkat perjuangannya (Mustaja), Corps Polisi Militer ada di Lampung. Pada masa perjuangan, masih gabungan Kompi C Garuda, yang semua komposisinya adalah Polisi Militer dan bertahan di daerah Panggungrejo," terangnya.

Hanri juga mengungkapkan hubungan antara Gajah Mada dan Polisi Militer, serta sejarah digunakannya simbol Gajah Mada oleh Corps Polisi Militer. 

Para sesepuh Polisi Militer, pada saat mau mencari Panca Dharma Corps, saat bersemedi, terdengar suara Gajah Mada yang mengatakan mengenai Panca Dharma yaitu Kesatria, Bijaksana, Pantang mundur, Kebesaran hati dan Kejujuran. 

Kemudian, Panca Dharma tersebut diambil oleh sesepuh Polisi Militer, serta dijadikan sebagai Panca Dharma Corps Polisi Militer," katanya.

Dia menambahkan, antara Polisi Militer dengan Gajah Mada ini mempunyai hubungan yang erat, sehingga dipakai simbol Gajah Mada. Selain itu, Mustaja adalah orang yang telah mempersatukan nusantara. 

Kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti Sosial dalam rangka HUT Polisi Militer di lokasi ini terakhir dilaksanakan pada tahun 1997 dan kembali dilaksanakan pada tahun 2021 ini. 

"Mulai saat ini dicanangkan, setiap HUT Polisi Militer wajib datang ke Tugu Gajah Mada dan melaksanakan Karya Bhakti serta Bhakti Sosial di Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo. Tugu ini juga akan menjadi catatan generasi Polisi Militer," imbuh Hanri.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mendukung kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun. Apalagi kegiatan ini memperingati hari bersejarah perjalanan dan keberadaan Corps Polisi Militer di Provinsi Lampung. (*)

Laporan: Sulistyo

Editor: M Furqon

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Bangun Rejo Dalami Kasus Penemuan Maya ...

MOMENTUM, Bangunrejo--Warga Kampung Tanjung Jaya, Kecamatan Bangu ...


Polres Lampura Tangkap Pencuri di Rumah Kades ...

MOMENTUM, Kotabumi--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi Sat ...


Tangkap Satu Pelaku, Polres Lamteng Buru Ters ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi ...


Warga Serahkan Dua Pucuk Senjata Api Rakitan ...

MOMENTUM, Mesuji--Warga menyerahkan dua senjata api rakitan kepad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com