PLN Tarahan Salurkan Bantuan Aquascape untuk Karang Taruna

Tanggal 16 Jun 2021 - Laporan - 537 Views
Manager Unit Pelaksana PLN Tarahan, Yuli Tri Setyono menyerahkan bantuan untuk Karang Taruna.

MOMENTUM, Katibung--PT PLN (Persero) UPK Tarahan, Lampung Selatan, menyalurkan bantuan aquacape kepada Karang Taruna Desa Rangai Tritunggal, Kecamatan Katibung.

Bantuan program tanggung jawab sosial PLN tersebut untuk meningkatkan keterampilan kerajinan tangan anggota Karang Taruna.

Bantuan senilai total Rp17 juta diserahkan Manager Unit Pelaksana PLN Tarahan, Yuli Tri Setyono. Bantuan itu untuk operasional pengadaan bahan dan peralatan aquascape. Seperti kaca aquarium, tanaman hias, pasir, dan bebatuan hias.

“Program Kerajinan Tangan Aquascape ini merupakan program yang baru diinisiasi pada tahun ini," katanya.

Kendati demikian, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan mengasah kreativitas pemuda Karang Taruna Dusun Kampungbaru, Rangai Tritunggal.

Diharapkan ke depan, produk yang dihasilkan para pemuda itu diminati masyarakat, sehingga usahanya maju dan berkembang, kata  Yuli.

Dia menjelaskan, aquascape berasal dari kata aqua yang berarti air. Sementara scape berarti pemandangan. "Aquascaping pada umumnya sejalan dengan hobi aquarium untuk memelihara ikan karena kebanyakan memang dilakukan dalam rangka menghias akuarium ikan," katanya.

Seni kerajinan aquascape sering disebut berkebun di dalam air karena memang membutuhkan keahlian dalam menanam agar tumbuhan di dalam air tidak mati. 

Perajin seni kerajinan ini dituntut memiliki ilmu teknik hidroponik serta keterampilan dalam mendesain secara visual untuk menghasilkan produk akhir yang memesona. 

Dalam perkembangannya, untuk menghemat biaya dan waktu, proses produksi aquascape pada saat ini mulai meninggalkan kesan natural. Seperti tanaman mulai digantikan dengan tanaman artificial (tiruan) dari plastik. Bahkan bebatuan dan coral karang juga dari material buatan. 

Namun demikian, tujuan akhirnya tetap untuk menghasilkan keindahan dalam ruang aquarium, kata Sendy, pengelola Aquascape. (*)

Editor: Nurjanah.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dukung Hilirisasi Energi, PGN Suplai Gas Bumi ...

MOMENTUM, Gresik – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk mengoptim ...


PTPN IV Regional III Umumkan Pemenang Perform ...

MOMENTUM, Pekanbaru - PTPN IV PalmCo Regional III mengumumkan pem ...


April 2024, Harga Beras dan Cabai Picu Deflas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah komoditas pangan memicu deflasi ...


Lampung Craf 2024, Giliran Lampung Timur Jadi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com