Bingung Mau Kuliah Dimana, Darmajaya Solusinya

Tanggal 22 Jun 2021 - Laporan - 756 Views
Kampus IIB Darmajaya. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat terkadang dihadapkan dengan pilihan atau pertanyaan mau kuliah dimana. Ada yang sudah menetapkan pilihan, tapi tak sedikit yang bingung menjawab pertanyaan itu.

Ya, dilema itu kerap dirasakan oleh sebagian lulusan. Apalagi mereka yang gagal ketika mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Tak perlu bingung-bingung, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi salah satu pilihan kuliah bagi para calon mahasiswa di Provinsi Lampung, baik untuk S1 maupun S2.

Ketua Yayasan Alfian Husin yang menaungi Kampus Darmajaya Andi Desfiandi mengatakan, ada beragam beasiswa yang bisa didapatkan bagi para calon mahasiswa baru.

Mulai dari beasiswa hafidz Al-Quran, beasiswa prestasi, beasiswa yatim piatu, beasiswa tidak mampu, beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar), serta beragam beasiswa lainnya.

“Kemudian ada bantuan dari pemerintah, seperti kuota belajar,” kata Andi pada harianmomentum.com, Selasa (22-6-2021).

Lebih lanjut Andi mengatakan, di tengah pandemi seperti sekarang kampus biru —sebutan Darmajaya— juga terus berupaya maksimal dalam mentransper ilmu pada mahasiswanya. Tentu dengan kemudahan-kemudahan yang tidak mengurangi kualitas belajar-mengajar.

“Darmajaya sangat siap untuk belajar secara online maupun ofline. Karena sebelum pandemi, Darmajaya sudah punya sistem pembelajaran daring,” jelasnya.

Saat ini, sambung Andi, Darmajaya juga memberi kemudahan bagi para calon mahasiswa yang hendak mendaftar. Tinggal akses saja website darmajaya.ac.id, semua informasi tersaji di situ, termasuk perihal pendaftaran baik online maupun ofline.

Di tengah pandemi, pihak kampus setempat memang lebih banyak sosialisasi melalui online, atau istilahnya digital marketing.

“Kita sudah melakukan banyak hal terkait strategi pemasaran, baik yang konfensional maupun kekinian dengan digital. Kita sudah cukup pengalaman di sana,” terangnya.

Hal senada disampaikan Kepala Biro Humas dan Pemasaran IIB Darmajaya Muhammad Rafiq. Dia mengatakan, kampus setempat membuka pendaftaran calon mahasiswa baru hingga akhir Agustus 2021.

“Pendaftaran sampai akhir Agustus. Karena September sudah mulai perkuliahan,” kata Rafiq pada harianmomentum.com, Selasa (22-6).

Selain beasiswa, sambung dia, terdapat pula beragam potongan biaya perkuliahan bagi calon mahasiswa baru.

“Program kita seperti ada potongan biaya pendaftaran bagi anak guru (potongan Rp2 juta), ada kerja sama melalui smart village yang mendapat potongan biaya sebesar Rp3 juta. Program-program ini dibuka untuk semua masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung,” sebut Rafiq.

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa Darmajaya memberi beragam kemudahan berkuliah bagi para mahasiswanya. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, melalui pola hybrid learning (gabungan pembelajaran online dengan tatap muka).

“Sebelum covid kita sudah menerapkan itu (pola pembelajaran daring). Untuk sekarang meski tidak penuh, kita sebut hybrit: 50 persen masuk kelas 50 persen daring, sudah diberlakukan. Tapi dengan prokes ketat, dan itu boleh ditolak. Kalau mahasiswanya maunya daring aja, yang monggo,” jelas Rafiq.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa FEBI UIN RIL Jadi Presenter di Konf ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Lima belas mahasiswa Fakultas Ekonomi d ...


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com