Prof Nizam: Pemerintah Dukung Pendirian PTS

Tanggal 25 Jun 2021 - Laporan - 592 Views
Dirjen Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Nizam, saat menjadi narasumber saat diskusi rutin dalam Pelatihan Jurnalistik, Program Fellowship Jurnalisme Pendidikan. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Nizam, mengapresiasi semua pihak yang turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Termasuk pihak swasta dalam mengembangkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di berbagai wilayah.

“Kalau ada pihak swasta yang mau membantu pemerintah, silahkan. Pemerintah pasti mendukung,” kata Prof Nizam saat menjadi narasumber diskusi dalam Pelatihan Jurnalistik, Program Fellowship Jurnalisme Pendidikan angkatan kedua.

Kegiatan yang digagas oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) yang diikuti para jurnalis lintas provinsi tersebut digelar secara virtual, Jumat (25-6-2021).

Baca juga: Ayo Gotong Royong, Investasi di Dunia Pendidikan

Dukungan pemerintah dalam pendirian PTS diantaranya dalam hal pemberian izin usaha, selanjutnya beragam beasiswa dan berbagai bantuan lainnya untuk tenaga pendidik.

“Sekarang kita sudah banyak mebiayai PTS. Tunjangan guru besar (PTS) di biayai pemerintah, belum lagi biaya riset, biaya hibah, jadi sebetulnya faktanya sekarang tidak dibedakan antara PTS dan PTN,” ucapnya.

Namun, Prof Nizam mengingatkan agar pihak swasta yang berdikari di dunia pendidikan tidak berpangku tangan, mengandalkan pemerintah dalam hal pembiayaan kampus.

Kalau negara ini mampu sebenarnya pendidikan itu cukup diselenggarakan oleh negara saja, seperti di Eropa. Tapi kan tidak (di Indonesia). Jadi tidak mungkin juga kalau negara membiayai PTS,” jelasnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com