Mahasiswa KKN Ajarkan Cara Membuat Jamu

Tanggal 28 Jun 2021 - Laporan - 1033 Views
Ilustrasi membuat jamu. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Imunitas tubuh sangat penting dalam menghadapi peperangan melawan corona virus disease 2019 (covid-19).

Ada banyak cara meningkatkan imunitas, diantaranya dengan mengkonsumsi jamu, dan rajin berolahraga.

Untuk itu, Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengajarkan cara meracik jamu tradisional ke warga Pekon Bumiratu, Kebupaten Pringesewu.

Tujuannya, agar warga setempat rajin mengkonsumsi jamu, sehingga bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh di masa pandemi.

“Dengan pelatihan ini kami berharap warga dapat memproduksi jamu untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kepentingan komersil. Karena di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang, jamu sangat dibutuhkan,” kata Dian Nur Romadhona, salah satu Mahasiswa Itera yang sedang KKN di wilayah setempat, Senin (28-6-2021).

Dian didampingi lima Anggota Mahasiswa KKN lainnya: Novia Eka Piolan, Indra Ega Yunior, Dimas Aprilian Sulaiman Putra, Gilang Handi Wibowo, dan Muhammad Fadiil Azka mengajak masyarakat

Dian menuturkan bahwa dalam pelatihan tersebut bahan-bahan pembuatan jamu diambil dari tanaman yang ada di wilayah setempat.

“Kita memanfaatkan bahan alami. Jadi jamunya diracik dengan bahan-bahan yang tersedia di pekon, seperti jahe, kunyit, serai, asam jawa, serta gula aren,” sebutnya.

Sebelumnya, Tim Mahasiswa KKN Itera juga sempat mengajak warga setempat untuk olahraga atau senam bersama pada Minggu (27-6).

Seperti halnya jamu, menurut Dian, olahraga rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Tentunya senam dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Dian menambahkan, kegiatan senam yang dilaksakan di Gedung Sasana Krida tersebut merupakan salah satu olahraga yang mudah dan bermanfaat, terutama bagi lanjut usia.

“Senam juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi,” terangnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com