SMMPTN Itera Diikuti Seribuan Pendaftar, Prokes Ketat Diberlakukan

Tanggal 28 Jun 2021 - Laporan - 662 Views
Peserta seleksi SMMPTN Barat Itera menjalani pengecekan kesehatan sebelum masuk ke ruang ujian.

MOMENTUM, Bandarlampung--Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar Ujian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, Senin (28-6-2021).

Pantauan harianmomentum.com, sebelum memasuki gedung ujian, para peserta yang telah mengenakan masker diwajibkan mencuci tangan di air mengalir yang telah disiapkan pihak kampus. 

Selanjutnya, pihak kampus melakukan pengecekan kesehatan (rapid test) terhadap para peserta. Khusus bagi peserta ujian dari luar Provinsi Lampung, wajib menunjukan bukti rapid tes antigen dengan hasil negatif Covid-19.

Tak cukup di situ, sebelum memasuki ruang ujian peserta kembali diwajibkan menggunakan hand sanitizer. Lantas di ruang ujian, panitia telah mengatur jarak tempat duduk antar peserta.

Wakil Rektor Itera Bidang Akademik Prof Mitra Djamal yang meninjau langsung pelaksanaan ujian SMMPTN Barat mengatakan bahwa penerapan protokoler kesehatan (prokes) amat penting untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan kampus.

“Kami menekankan tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang perlu dilakukan secara ketat selama ujian berlangsung,” kata Prof Mitra, didamping Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Itera, Dr Rahayu Sulistyorini dan Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Dr Eko Satria.

Pendaftar SMMPTN Barat Itera tahun ini sebanyak 1.184 pendaftar, dengan rincian 524 pendaftar memilih program studi di Itera sebagai pilihan I, dan 660 pilihan II. Sementara peserta yang memilih melaksanakan ujian di kampus Itera berjumlah 335 peserta.

“Pelaksanaan ujian dilakukan dalam dua sesi yakni pagi dan siang agar tidak terjadi kerumunan,” kata Prof Mitra.

Lima program studi paling diminati dalam SMMPTN Barat di ITERA tahun ini yaitu, Farmasi dengan 246 pendaftar, Teknik Informatika (125), Teknik Pertambangan (96), Teknik Sipil (92), dan Teknik Biomedis (61). Sementara kuota calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur ini sebanyak 549 calon mahasiswa.

 “Khusus untuk jalur mandiri, Itera menyiapkan kuota sebanyak 10 persen dari sekitar 5.000 calon mahasiswa yang akan diterima tahun ini,” sebutnya.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Itera Dr Eko Satria menambahkan, pelaksanaan ujian telah dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19 Provinsi Lampung.

“Itera juga bekerjasama dengan RS Airan Raya, Lampung Selatan untuk menyediakan tim medis yang dapat melaksanakan tes Covid-19 (rapid) di lokasi ujian,” tuturnya.

Eko menambahkan, peserta yang lulus dalam tes jalur SMMPTN Itera akan diumumkan pada 14 Juli 2021 Pukul 16.00 Wib.

“Bagi pendaftar jalur SMMPTN Itera bisa mendapatkan informasi resmi tentang jalur mandiri di website pmb.itera.ac.id. Jadi tidak perlu datang ke kampus,” tutupnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com