Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Mandiri Unila dan Itera

Tanggal 29 Jun 2021 - Laporan - 548 Views
UTBK SMMPTN di Itera. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Ribuan calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat yang digelar oleh Universitas Lampung (Unila) dan Institut Teknologi Sumatera (Itera), pekan ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun harianmomentum.com, Selasa (29-6-2021), total ada 2.179 pendaftar yang mengikuti SMMPTN Unila.

Sementara pendaftar SMMPTN Barat Itera tahun ini sebanyak 1.184 peserta. Mereka berasal dari 16 provinsi atau 72 kabupaten di Indonesia.?

Hasil ujian UTBK SMMPTN Barat akan diumumkan pada 14 Juli 2021, pukul 16.00 WIB, melalui website masing-masing kampus.

Pantauan harianmomentum.com, baik di Itera maupun Unila UTBK dilaksanakan dengan penerapan protokoler secara ketat. Masing-masing kampus membagi UTBK dalam dua sesi, untuk mencegah kerumunan. Mengingat situasi masih dalam pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Itera Bidang Akademik Prof Mitra Djamal mengatakan, khusus untuk jalur mandiri kampus setempat menyiapkan kuota sebanyak 10 persen dari sekitar 5.000 calon mahasiswa yang akan diterima tahun ini. 

"Ujian jalur mandiri SMMPTN Barat di Itera dilaksanakan untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang belum lolos melalui jalur reguler SNMPTN dan SBMPTN untuk dapat mengakses pendidikan tinggi di Itera," kata Prof Mitra, Selasa (29-6-2021).

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian SMMPTN Barat dilakukan sesuai dengan ketentuan, yaitu dilaksanakan serentak bersama perguruan tinggi negeri lain di wilayah Indonesia bagian Barat. 

Sementara Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Itera Dr Eko Satria menyebut, total 1.184 pendaftar SMMPTN Barat Itera terdiri dari 524 pendaftar memilih program studi di Itera sebagai pilihan I, dan 660 pilihan II. 

Sementara peserta yang memilih melaksanakan ujian di kampus Itera berjumlah 335 peserta. Sisanya mengikuti UTBK di wilayahnya masing-masing.

Dia juga menyebut, terdapat lima program studi paling diminati dalam SMMPTN Barat di Itera tahun ini: Farmasi dengan 246 pendaftar, Teknik Informatika (125), Teknik Pertambangan (96), Teknik Sipil (92), dan Teknik Biomedis (61). Sementara kuota calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur ini sebanyak 549 calon mahasiswa.

"Peserta yang lulus dalam tes jalur SMMPTN Itera akan diumumkan pada 14 Juli 2021 Pukul 16.00 Wib. Bagi pendaftar jalur SMMPTN Itera bisa mendapatkan informasi resmi tentang jalur mandiri di website pmb.itera.ac.id,” tutupnya.

Jika di Itera UTBK hanya berlangsung satu hari, lain halnya dengan Unila. UTBK yang berlangsung di Gedung UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Unila itu digelar selama lima hari, 28 Juni hingga 2 Juli 2021 dan terbagi atas dua sesi setiap harinya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com