Finalis Pertukaran Pelajar, Putri Lambar Wakili Lampung

Tanggal 30 Jun 2021 - Laporan - 559 Views
Vina Qurotta Akyuningrum. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Vina Qurotta Akyuningrum menjadi finalis pertukaran pelajar, mewakili Provinsi Lampung.

Vina akan ke Amerika Serikat melalui program Global UGRAD bersama 11 mahasiswa lainnya yang berasal dari Manado, Pontianak, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Aceh dan Bogor.

Putri asal Pemangku Negara Batin, Pekon Lombok, Kecamatan Lumbok Seminung, Lampung Barat (Lambar) itu mengharumkan nama daerah ini. 

“Kita patut bangga karena putri asal Kabupaten Lambar mewakili Provinsi Lampung terpilih sebagai finalis pertukaran pelajar untuk di kirim ke US (Amerika) melalui program Global UGRAD,” kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, Riyadi Andrianto dalam siaran pers yang diterima harianmometnum.com, Rabu (20-6-2021).

Menurut Riyadi, berita gembira yang terungkap pada 23 Juni lalu itu merupakan penantian panjang setelah melalui tahapan-tahapan yang cukup membutuhkan persiapan ekstra, dari pembuatan essay, wawancara dan test toefl. 

“Saat ini untuk persiapan keberangkatan Vina sedang secara mandiri melengkapi pemberkasan diantaranya medical check up dan vaksinasi Covid-19,” kata Riyadi. 

Lebih lanjut dia mengatakan, Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) merupakan salah satu program beasiswa yang disponsori US Department Of State dan dikelola oleh World Learning. 

Beasiswa ini bagi mahasiswa/mahasiswi jenjang studi strata satu (S-1) dari berbagai negara untuk berkuliah selama 1-2 semester di universitas-universitas di Amerika Serikat. 

“Untuk lamanya dan tempat Vina belajar di US masih menunggu informasi lebih lanjut. Sementara pemberangkatan akan dilaksanakan awal tahun 2022 mendatang,” kata dia. 

Prestasi ini melengkapi prestasi-prestasi sebelumnya yang diraih oleh Vina di antaranya yaitu juara 1 Nasional Speech Competition English Festival UBM 2021, Duta Pemuda Lampung Dispora Lampung 2020, Delegasi Lampung dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia Kemenpora 2020, harapan I  karya tulis ilmiah OJK 2020. 

Kemudian, pemenang kostum terbaik dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung Kantor Bahasa Provinsi Lampung 2020, juara II Lomba Pidato Bahasa Inggris dalam kegiatan English Proficiency Award Polinela, juara IV lomba Berbalas Pantun Kantor Bahasa Provinsi Lampung. 

“Sebagai Duta Bahasa dengan prestasi-prestasi lainnya, Vina kami harap menjadi pemuda yang bisa diberdayakan memberi pencerahan dan menularkan tips-tips berprestasi bagi kalangan milenial di Lampung Barat.

Kami juga berharap sebagai duta budaya yang dapat memperkenalkan kekayaan budaya Lampung Barat, Lampung, dan Indonesia di Amerika Serikat. 

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad menambahkan, kampus sangat bangga dengan prestasi Vina.

Apalagi akan mewakil Indonesia di negara adidaya.  Mahathir berharap Vina mampu membawa nama baik almamater di sana. Kemudian, menjadi duta Indonesia untuk mengenalkan khazanah Nusantara di luar negeri. 

Mahathir ingin, Vina menjadi pioner bagi mahasiswa lain untuk menunjukkan prestasi tertingginya, baik dalam bidang akademik dan nonakademik. 

Kampus, ujar dia, memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk menunjukkan potensi dirinya agar lebih berkembang dan berpengetahuan. Ia senang prestasi ini diraih mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia.(rls)

Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com