Cegah Cyber Bullying, Dosen Darmajaya Beri Pelatihan Internet Sehat

Tanggal 05 Jul 2021 - Laporan - 596 Views
Tim dosen IIB Darmaja foto bersama dengan penghuni Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Kemala Puji Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Tiga dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan “Penggunaan Internet Sehat untuk Menghindari Terjadinya Cyber Bullying” pada anak-anak remaja di Panti Asuhan Anak Yatim dan Fakir Miskin Kemala Puji Bandarlampung.

Ketiga dosen itu adalah Kurnia Fadila, S.E., M.Sc. Ketua Pengabdian Masyarakat dengan anggota Hary Sabita, S.T., M.T.I., dan Anandha Sartika Putri, S.E., M.S.M.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (3-7-2021) itu menyasar para remaja penghuni panti asuhan. Apalagi, berbagai keterbatasan internet yang masih menjadi barang mahal bagi mereka (remaja panti).

Kurnia Fadila mengatakan program pembelajaran dan pelatihan dilaksanakan dengan pertimbangan utama, bahwa di panti asuhan masih banyak remaja yang belum menguasai internet.

“Sebagian yang menguasai baru tingkat dasar namun belum mampu menggunakan untuk berbagai keperluan terutama untuk meningkatkan kompetensi diri, juga belum memahami dampak positif dan negatif dari internet,” ungkapnya.

Kurnia Fadila juga menerangkan dilakukan pelatihan dengan tujuan utama meningkatkan pemahaman anak-anak remaja di Panti Asuhan Kemala Puji Bandarlampung tentang Internet Sehat.

“Pengabdian masyarakat dalam bentuk sosialisasi dan pengenalan tentang Internet Sehat ini diharapkan sebagai media pendidikan masyarakat,” ujarnya.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, lanjut dia, dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Dengan adanya pengenalan internet sehat, anak-anak panti juga dapat memanfaatkannya dengan hal-hal positif,” tuturnya.

Dosen Manajemen itu pun bertugas dalam mengordinasikan keseluruhan kegiatan pengabdian masyarakat dan fasilitator pelatihan internet sehat.

Sementara kedua dosen lainnya, melaksanakan pelatihan penggunaan internet sehat bagi anak remaja di Panti Asuhan Kemala Puji dan melaksanakan pelatihan penggunaan sosial media positif dan produktif. (**)

Laporan: Agus Setyawan/rilis

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com