Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Tubaba Tutup Tempat Wisata

Tanggal 07 Jul 2021 - Laporan - 415 Views
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tulangbawang Barat Mansyur Yusuf

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menutup sementara enam tempat wisata di kabupaten setempat. Penutupan tersebut berlaku mulai 8 hingga 22 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tubaba Mansyur Yusuf mengatakan, penutupan tempat wisata itu bagian dari langkah antisipasi penularan covid-19.

"Kebijakan penutupan sementara tempat wisata itu berdasarkan Surat Edaran Nomor: 6 tertanggal 21 Juni 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro untuk mencegah penyebaran covid-19," kata Mansyur Yusuf, Rabu (8-7-2021).

Enam tempat wisata di Tubaba yang ditutup sementara: Komplek Islamic Center di Kecamatan Tulangbawang Tengah, Taman Seribu Batu di Tiyuh Karta Kecamatan Tulangbawang Udik dan  Tugu Naga Bersanding di Kelurahan Panaraganjaya Tulangbawang Tengah. Selanjutnya: Tuga Empat Marga di Tiyuh Panaragan Tulangbawang Tengah, Taman Kura-kura di Tiyuh Pulungkencana Tulangbawang Tengah, serta Taman Kebaikan Kota Budaya Uluan Nughik di Kelurahan Panaraganjaya Tulangbawang Tengah

Pemkab juga telah mengeluarkan surat edaran (SE) pemberitahuan dan imbauan kepada seluruh para pengelola objek wisata, tekait kebijakan penutupan sementara tersebut.

"Bagi pengelola tempat wisata  perseorangan maupun swasta, masih boleh buka, dengan syarat menerapakan prokes ketat. Jumlah pengunjung juga dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas tempat wisata. Pengelola tempat wisata juga wajib berkordinasi dengan camat, kepala tiyuh, serta posko PPKM di wilayah setempat,” terangnya.

Dia berharap, pengelola tempat wisata dapat mematuhi imbauan dalam surat edaran tersebut. 

"Jika masih ada pengelola tempat wisata yang melanggar aturan tersebut, akan diberi sanksi, mulai dari peringatan, penutupan hingga pidana,” tegasnya.

Mansyur juga mengingatkan, seluruh elemen masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19.

"Mencegah covid-19 harus dilakukan secara bersama oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah tanpa terkecuali. Karan itu, kita semua harus lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan," imbaunya. (**) 

Laporan: solihin

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com