BKN Perpanjang Waktu Pendaftaran CPNS

Tanggal 22 Jul 2021 - Laporan - 507 Views
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangam Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Barat, Budi Kurniawan.

MOMENTUM, Liwa--Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang masa pendaftaran calon pegawai sipil negara (CPNS) hingga 26 Juli 2021. Sebelumnya, tahap pendaftaran akan ditutup pada 21 Juli 2021.

Hal ini untuk membuka peluang bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai abdi negara, termasuk di Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangam Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Barat, Budi Kurniawan kepada harianmomentum.com mengatakan, Lambar mendapat kuota 1.265 CPNS. Dengan rincian formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 901 guru, 187 non guru, dan 177 CPNS.

Dengan diperpajangnya pendaftaran CPNS oleh BKN ini, lanjut Budi, menjadi kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengabdikan diri sebagai pegawai pemerintahan untuk segera mendaftar. Atau masyarakat yang sebelumnya terlambat mepersiapkan berkas-berkas persyaratannya dapat segera melengkapi. Dimana, masih ada tenggang waktu empat hari kedepan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum pendaftaran ditutup pekan depan.

Dikatakan Budi, sejuah ini pelamar CPNS 2021 Lambar telah menyentuh angka 4.177 orang. Dengan rincian, pelamar formasi PPPK Guru sebanyak 833 orang, PPPK Non Guru 169 orang dan CPNS 3.175 orang.

"Data yang masuk, pelamar sudah melebihi kuota atau sebanyak 4.177 pendaftar. Dengan diperpanjangnya waktu pendaftaran, kemungkinan besar akan menambah jumlah pelamar yang masuk," ucapnya.

Masih kata Budi, CPNS 2021 Lambar banyak diminati pelamar dari luar daerah. Terkecuali untuk PPPK Guru yang tipis kemungkinan diikuti pelamar dari luar daerah. Dimana, untuk formasi PPPK Guru ada ketentuan tersendiri. Salah satunya, peserta atau pelamar merupakan tenaga guru atau eks honorer katagori dua dan tenga pendidik yang terdata dapodik serta guru yang sudah memiliki sertifikasi pendidil tapi mengabdi di sekolah swasta.

"Artinya kalau prediksi saya melihat data itu kecil kemungkinan PPPK Guru diikuti dari luar, kerena ada ketentuan-ketentuan disitu, bisa dibilang prioritas pengangkatan lokal," ucapnya.

Budi mengatakan, setelah pendaftaran selesai pada tanggal 26 mendatang diumumkan dan dilanjutkan dengan tahapan seleksi atminitrasi atau verifikasi velidasi yang dimulai dari tanggal 2-3 Agustus serta dilanjutkan masa sanggah pada tanggal 4-6 Agustus serta jawaban sanggah 4-13 Agustus.

"Inikan ada perubaham jadwal yang pendaftaran seharusnya selesai tanggal 21 ternyata diundur sampai dengan tanggal 26, kemudian tahap lainnya mundur, yang terakhir kita terima jadwal jawaban masa sanggah, untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKT) belum disampaikan kembali, kemungkinan diundur menginat situasi masih PPKM ini," ucapnya.

Meski demikian, pihaknya tetap mengigatkan kepada peminat pelamar CPNS 2021 agar dalam mempersiapkan segala persyaratan atminitrasi sesuai yang diperuntukan dan jangan terlalu mepet dalam menguploadnya.

"Sekarangkan semua serba digital, saran untuk peminat agar jangan terlalu mepet dalam mengupload berkas. Namanya menggunkan internet kita tidak tahu gangguan yang akan terjadi, selain itu yang mengikuti banyak," pungkasnya. (*)

Laporan: Sulemy.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com