Baru 70 Persen Rumah di Lamsel yang Punya Jamban

Tanggal 26 Sep 2017 - Laporan - 933 Views
Senam bersama pada Germas di Lamsel. Foto: Boby

Harianmomentum—Pemkab Lampung Selatan (Lamsel) menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Korpri pemkab setempat, Selasa (26/9).

Kegiatan dibuka Bupati Zainudin Hasan dihadiri Wabup Nanang Ermanto, Forkopimda, BNNK, seluruh Kepala SKPD setempat dan ribuan masyarakat.


Pada kegiatan itu dilakukan penandatanganan Prasasti Germas oleh Bupati. Lalu, aktivitas fisik seperti senam gebyar jantung sehat yang diikuti seluruh peserta, cek kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat serta makan buah pisang bersama.

Bupati berharap dengan Germas maka masyarakat menjadi sadar akan pentingnya cara hidup yang sehat. Dengan berfikir sehat serta badan yang sehat juga, semoga masyarakat terhindar dari narkoba yang semakin merajalela.


"Caranya dengan membuang hajat secara benar, pola hidup dan pola makan yang sehat serta melakukan kegiatan olahraga seperti ini. Kita harus kongkrit dengan kegiatan yang kita lakukan semoga bisa menyentuh masyarakat," ucap bupati.


Bupati menargetkan pada tahun 2018 nanti, seluruh rumah yang ada di Lamsel sudah memiliki jamban masing-masing, karena di tahun 2017 ini baru sekitar 70 persen rumah yang memiliki jamban.

Kepala Dinas Kesehatan, Jimmy Banggas Hutapea mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merubah perilaku yang ada dimasyarakat agar melakukan kegiatan yang terkait dengan hidup sehat.

"Aktifvtas fisik minimal 30 menit setiap hari, serta cek kesehatan minimal 6 bulan sekali, agar masyarakat Lampung Selatan sehat, kuat dan sejahtera. Salam sehat," ujarnya.

Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat, Devi Arminanto menambahkan, kegiatan ini juga sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Kita akan mewujudkan Lampung Selatan yang sehat. Semoga selanjutnya kita bisa terus mengadakan kegiatan seperti ini," ucapnya.
(bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com