Kemendikbud Tinjau Penyaluran PIP di SMPN 5 Tuba Tengah

Tanggal 26 Sep 2017 - Laporan - 882 Views
Tim Kemendikbud meninjau proses penyaluran bantuan PIP di SMPN 5 Tuba Tengah.

Harianmomentum--Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan monitoring  penyaluran dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri  5 Kecamatan Tulangbawang (Tuba) Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Selasa (26/7).


Kepala SMPN 5 Tuba Tengah Yudo Utomo mengatakan PIP merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, sebagai pengganti program bantuan siswa miskin (BSM).

 

“Hari ini kita kedatangan tamu perwakilan dari Kemendikbud. Tujuanya untuk meninjau dan memastikan proses penyaluran KIP tepat sasaran, sesuai aturan yang ditetapkan,” kata Yudo Utomo. 

 

 Dia menerangkan, penyaluran PIP untuk siswa SMPN 5 Tuba Tengah dilakukan secara langsung, sesuai aturan ke rekening siwa atau wali murid.

 

“Sekolah hanya sebatas mensosialisasikan dan membantu kelengkapan persyaratan. Jadi dana PIP disalurkan melalui rekening siswa atau wali murid penerima. Mereka sendiri yang mencarikan bantuan tersebut melalui Bank Rakyat Indonesia,” terangnya.

 

Menurut dia, tahun ini siswa penerima bantuan PIP di SMPN 5 Tuba Tengah hanya 48 orang yang pencariannya dilakukan per semester. “Kalau untuk seluruh Kabupaten Tulangbawang Barat, kurang lebih ada 1.700 siswa penerima PIP tahun ini,” ungkapnya.

 

Perwakilan Tim Monitoring Kemendikbud Jihad mengimbau siswa dan wali murid penerima PIP, menggunakan dana bantuan tersebut untuk kepentingan sekolah.

   
“Dana bantuan ini tidak boleh digunakan untuk membeli pulsa apa lagi beras. Jadi, khusus untuk keperluan sekolah anak. Kalau terbukti digunakan untuk kepentingan yang tidak sesuai peruntukan, maka kartu penerima PIP akan dicabut,”  kata Jihad.

Dia menerangkan, PIP merupakan program Presiden Joko Widodo yang bertujuan membantu keperluan pendidikan anak-anak dari keluarga tidak mampu. (frk)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com