Lampung Timur Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Tanggal 09 Sep 2021 - Laporan - 619 Views
Vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Lampung Timur.

MOMENTUM, Sukadana--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melakukan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Kegiatan ini berlangsung di Puskesmas Sukadana, Kamis (9-9-2021).

Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim Yus Bariah Dawam mengungkapkan perkembangan kasus Covid-19 terhadap ibu hamil terjadi peningkatan. 

"Ibu hamil memiliki risiko berat apabila terinfeksi Covid-19. Dengan kondisi medis tertentu diperlukan upaya memberikan vaksinasi Covid-19 dan telah direkomendasikan oleh Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) dan Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)," ujarnya.

Selain ibu hamil, pemerintah juga menetapkan sasaran vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun.

Kadis Kesehatan Lampung Timur Nanang Salman Saleh mengatakan perkembangan Covid-19, kasus kematian ibu meningkat selama masa pandemi.

"Pada Januari  sampai Agustus tahun 2021 tercatat 17 kasus kematian ibu akibat Covid 19 ( baik terkonfirmasi maupun kasus probable/bergejala)," ujarnya.

Dia menambahkan, ibu hamil dengan kasus covid-19 terkonfirmasi maupun kasus probable/bergejala tercatat 164 kasus. "Angka tersebut merupakan tergolong tinggi dan diharapkan dengan adanya vaksin bagi ibu hamil ini akan angka tersebut tidak bertambah," harapnya.

Saat ini Kabupaten Lampung timur telah melaksanakan vaksinasi dosis 1  sebanyak 56.810 (6,84%) bagi SDM Kesehatan, lansia, pelayan publik, umum dan remaja. dan dosis 2 sebanyak  32.906 (3,96) bagi nakes, kelompok lanjut usia dan petugas pelayanan public, umum dan remaja. Pada bulan Juli 2021 dimulai vaksinasi dosis 3 sebanyak 1.163 bagi Nakes.

Kegiatan ini meruapakan kerjasama POGI, PKK, IDI, IBI, YJI, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Puskesmas Sukadana. (*)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com