Kemenkeu Apresiasi Pengelolaan Keuangan Kabupaten Waykanan

Tanggal 14 Sep 2021 - Laporan - 434 Views
Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman bersama jajaran pemkab, mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021, secara virtual

MOMENTUM, Blambanganumpu--Kabupaten Waykanan mendapat penghargaan dan Apresiasi dari Kementerian Keuangan. Penghargaan dan apresiasi tersebut diberikan atas keberhasilan Pemkab Waykanan meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah, selama minimal sepuluh tahun berturut-turut.

Apresiasi dan penghargaan tersebut disampikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021. Rakernas yang diikuti para kepala daerah se-Indonesia itu, berlangsung secara virtual, Selasa (14-9-2021).

Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman usai mengikuti rakernas tersebut, bersyukur atas apresiasi dan penghargaan tersebut. Menurut wabup, apresiasi tersebut adalah bukti komitmen Pemkab Waykanan dalam melakukan pengelolaan keuangan daerah secara efektif, sesuai peruntukan dan peraturan yang berlaku.

"Ini semua hasil kerja keras seluruh jajaran pemkab yang juga tidak lepas dari dukungan dan peran aktif DPRD dan seluruh elemen masyarakat," kata wabup.

Meski demikian, wabup meminta agar apresiasi tersebut menjadi motivasi  seluruh jajaran pemkab untuk terus meningkatkan efektifitas pengelolaan keuangan daerah demi mewujudkan visi Kabupaten Waykanan Unggul dan Sejahtera.

Dalam rakernas tersebut, Menteri Keuangan Mulyani Indrawati meminta seluruh pemerintah daerah meningkatkan kualitas dan efektifitas pengelolaan keuangan daerah dalam menangani pandemic covid-19 dan berbagai dampak yang ditimbulkan.

"Kita berharap APBN dan APBD bisa menjadi instrumen memulihkan keuangan negara di tengah situasi yang sulit akibat pandemi covid-19. Kita  juga harus bisa melakukan akuntabilitas keuangan negara dan daerah secara inovatif dan kreatif,” pintanya.

Sebelumnya, Dirjen Pembendaharaan Kemenkau Hadiyanto menyampaikan, rakernas tersebut  bertujuan menjaga  kesinambungan dan membangun sinergi antar stakeholder untuk meningkatkan tata kelola, akuntabilitas dan transparasi keuangan negara dan daerah. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com