HUT ke 30 Lambar, P2KBP3A Gelar Pelayanan KB Gratis

Tanggal 15 Sep 2021 - Laporan - 392 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Liwa--Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) akan menyelenggarakan pelayanan KB gratis. Kegiatan dilaksanakan serentak di 15 kecamatan se-kabupaten setempat.

Kepala Dinas P2KBP3A Lambar M Henry Faisal mengatakan, selain bagian dari program kerja, pelayanan KB gratis itu juga menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke 30 kabupaten setempat, yang jatuh pada tanggal 24 September mendatang.

"Kegiatan ini kita laksanakan selama dua hari: mulai 22 sampaik 23 September, serentak di seluruh kecamatan," kata Henry, Rabu (15-9-2021). 

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan tujuh jenis alat kontrasepsi: intrauterine device (IUD), medis operandi wanita (MOW), medis operandi pria (MOP), kondom, implan, pil dan suntikan.

"Kita tidak memberikan batasan jumlah peserta pelayanan KB gratis ini.  Targetnya sebanyaknya dan memberikan pelayanan terbaik. Masyarakat juga dibebaskan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang diinginkan," terangnya.

Menurut dia, mayoritas akseptor KB di Lambar lebih memilih alat kontrasepsi jenis suntikan. "Data tahun ini, terhitung sejak bulan Juli, ada 1.6254 akseptor KBU yang menggunakan kontasepsi jenis suntikan," ungkapnya.

Untuk masyarakat yang akan menggunakan alat kontrasepsi jenis MOW dan MOP, pihaknya akan memfasilitas pemasangannya di Kota Bandarlampung.

"Kita sudah jalin kerja sama dengan salah satu dokter di Bandarlampung untuk pemasangan alat kontrasepsi jenis MOW dan MOP. Jadi masyarakat yang ingin memasang alat kontrasepsi jenis ini, akan kita fasilitasi secara gratis," terangnya.

Dia juga menyebut, dalam dua tahun terakhir, Kabupaten Lambar selalu mencapai target 100 persen penyaluran alat kontrasepsi.

"Target tahun ini 19 ribu lebih pemasangan alat kontrasepsi dan telah tercapai diangka 60 persen lebih. Mudah-mudahan sampai akhir tahun nanti, kita bisa mencapai target seratus persen," harapnya. (**)

Laporan: sulemy

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BPNB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com