Bawaslu RI Gelar SKKP di Pringsewu

Tanggal 15 Sep 2021 - Laporan - 396 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengalungkan tanda peserta kegiatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar.

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia gelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar di Kabupaten Pringsewu. 

Kegiatan berlangsung selama tiga hari di Hotel Regency, dimulai Selasa (14-9-2021). SKPP diikuti 90 peserta berasal dari tiga kabupaten, yakni Pringsewu 33 orang, Pesisir Barat 25 orang dan Tanggamus 32 orang.

Pembukaan kegiatan pelatihan pengawasan pemilu itu dilakukan oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi yang turut dihadiri Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiryah, Sekretaris Bawaslu Widodo, Wuryanto dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu M Fathul Arifin.

Wabup Fauzi mengapresiasi atas diselenggarakannya SKPP oleh Bawaslu RI dan  diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu maupun pilkada. "Terlebih, rangkaian persiapan Pemilu 2024 juga akan segera dimulai," ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan SKPP selaras dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

SKPP juga merupakan tahapan awal dari pelatihan sebagai Kader Pengawas Partisipatif yang nantinya akan dilanjutkan dengan pelatihan tingkat lanjutan.

"Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kualitas demokrasi yang ditentukan oleh tingkat partisipasi masyarakat," terangnya.

Fauzi menuturkan, partisipasi di sini, tidak sekadar hadir ketika pelaksanaan pemungutan suara, tetapi bagaimana mengawal jalannya pelaksanaan pemilu tersebut agar berlangsung secara jujur dan adil. "Sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah demi kemajuan bangsa dan negara," harapnya.

Di sisi lain, Wabup mengingatkan kepada seluruh peserta SKPP untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan tersebut berlangsung. "Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19," imbaunya.(**)

Laporan: Sulistyo

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


Maju Pilkada, Mirza Punya Tiga Sponsor ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


Diiringi Pasukan Hitam dan Putih, Yanuar Iraw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi PDI Perjuangan Lampung Yanuar I ...


Rahmat Bagja Resmikan Kantor Bawaslu Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baw ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com