Ibu Hamil di Lamsel Mulai Divaksin Covid-19

Tanggal 15 Sep 2021 - Laporan - 505 Views
Kegiatan vaksinasi covid-19 untuk ibu hamil di Kabupaten Lampung Selatan

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mulai melaksanakan vaksinasi covid-19 untuk ibu hamil. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamsel Winarni Nanang Ermanto mencanangkan dimulainya vaksinasi tersebut.Pecanangan berlangsung di Puskesmas Way Urang, Kalianda, Rabu (15-9-2021).

"Ibu hamil merupakan kelompok masyarakat yang renta penularan covid-19. Karena itu, vaksinasi ini penting diberikan kepada ibu hamil," kata Winarni.

Dia meminta, para ibu hamil tidak perlu khawatir apalagi takut divaksin. Pemerintah telah menjamin keamanan vaksin tersebut.

"Vaksinasi covid-19 untuk ibu hamil ini sudah mendapat rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI). Jadi tidak perlu takut divaksin. Ini ikhtiar kita untuk agar pandemi covid-19 segera berakhir dan kita bisa menjalani aktifitas secara normal," terangnya.

Meski demikian, dia mengimbau, masyarakat termasuk ibu hamil yang telah divaksin, harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19.

"Fungsi vaksin ini membentuk daya tahan tubuh, jika terpapar covid-19. Jadi untuk mencegah penularan, kita semua tanpa terkecuali harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehaatan," imbaunya.

Hal senada disampaikan  Kepala Dinas Kesehatan Lamsel Joniansyah. Dia menerangkan, vaksinasi tersebut untuk menurunkan risiko penularan Covid-19 pada bumil. “Sasaran kegiatan vaksinasi ini adalah 5.000 ibu hamil," ujarnya.

Bedasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, hingga 15 September 2021,jumlah kasus positif covid-19 di Lamsel mencapai 4.495 orang atau bertambah empat kasus. Dari jumlah tersebut, 4.155 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatgakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 261 orang. Saat ini Kabupaten Lamsel berstatus daerah zona kuning penyebaran covid-19. (**)

Laporan: endri

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com