Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Tempat Sejuk

Tanggal 27 Sep 2021 - Laporan - 450 Views
Rakor penanganan vaksinasi Covid-19 di Mapolres Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa--Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus mengapresiasi Polres Lambar dalam mempercepat pemerataan vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Lambar Parosil Mabsus dalam rapat koordinasi (rakor) penanganan penyebaran covid-19 dan percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, Senin (27-9-2021).

"Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat, kami mengapresiasi langkah konkrit Polres Lambar terkait pelaksanaan penanganan vaksinasi Covid-19," katanya dalam rakor yang berlangsung di Aula Rupatama Mapolres Lambar.

Parosil mengatakan, upaya pencegahan penularan Covid-19, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri terus melakukan tindakan sesuai kewenangan masing-masing.

"Bicara vaksinator kita siap. Kelembagaan mulai dari pemerintah pekon, kecamatan dan unsur komunitas, juga oke. Tetapi kendalanya,  keberadaan vaksin. Sehingga perlu didiskusikan dan sinkronisasi untuk melakukan langkah cepat dan tanggap," ucapnya.

Masih kata Parosil, terkait vaksinasi Covid-19 lebih baik dilakukan di tempat yang membuat peserta rileks. Seperti tempat wisata, pasar dan lapangan terbuka. Tempat ini dianggap membuat nyaman peserta vaksinasi ketimbang di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

"Alangkah indahnya jika vaksinasi dilakukan di tempat yang sejuk, seperti di tempat wisata, pasar atau lapangan tempatnya tidak mencekam seperti di puskesmas. Kalau di puskesmas kesannya seperti berobat," jelasnya.

Parosil berharap, ke depan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) segera membuat agenda pelaksanaan vaksin. Intruksi lain juga ditunjukan kepada seluruh peratin yang ada di Lambar untuk segera mendata masyarakatnya.

Seluruh peratin agar segera mendata masyarakat di pekonnya. Pekon mana yang tinggi belum vaksin, segera lapor. Lebih baik bahasanya dor to dor atau jemput bola. 

"Sekali lagi saya mengapresiasi yang dilakukan Kapolres Lampung Barat mengenai vaksinasi, mudah-mudahan ini dapat memantapkan strategi vaksin di lapangan," katanya.

Sementara Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman mengatakan, penanganan dan pencegahan Covid-19 di Lambar dan Pesisir Barat dalam pelaksanaannya harus saling bersinergi.

"Rapat koordinasi ini meminta tanggapan dari Bupati Lampung Barat, Bupati Pesiair Barat, Ketua DPRD dan Dandim terkait apa yang harus kita lakukan," ucapnya.

Pandemi covid-19 merupakan masalah bersama, baik nasional maupun internasional. Semua membicarakan Covid-19. Strategi apa yang harus dilakukan terkait penanganan covid ini, bisa dilihat bagaiamna penyebaran Covid. "Di Lambar dan Pesibar  memasuki zona kuning, tidak boleh terlena," katanya.

Penanganan Covid yang dilakukan selama ini dapat membebaskan masyarakat dari Covid-19. "Kita terbebas dari Covid-19 menjadikan Indonesi sehat, Indonesia maju," katanya. (*)

Laporan: Sulemy

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com