Gandeng KPK, Pemkab Pringsewu Integrasikan Pencegahaan Korupsi

Tanggal 29 Sep 2021 - Laporan - 465 Views
Pemkab Pringsewu dan KPK Rakor Pencegahan Korupsi Terintegrasi.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu bersama Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menggelar rapat koordinasi pencegahan korupsi terintegrasi.

Agenda berlangsung di aula  Pemkab Pringsewu, Rabu (29-9-2021), dibuka Bupati Sujadi didampingi Wakil Bupati Fauzi beserta Kasatgas Pencegahan Wilayah II KPK RI, Nana Mulyana.

Kegiatan turut dihadiri 'Person In Charge' KPK RI Wilayah Lampung Nindyah Sunardini, Sekretaris Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi beserta asisten dan staf ahli, Inspektur Andi Purwanto, Kepala Kantor Pertanahan Rustam, juga Kepala OPD di lingkup Pemkab setempat.

Bupati Sujadi mengatakan sangat memerlukan masukan dan saran, serta pencerahan maupun pendampingan dari KPK RI dalam upaya melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan.

"Segala masukan dan saran yang diberikan tentunya menjadi pemicu bahwa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan melakukan hal-hal yang benar adalah sebuah kewajiban," katanya.

Oleh karena itu, kata bupati, prinsip 100-0-100 merupakan sesuatu yang wajib dilaksanakan seluruh jajaran Pemkab Pringsewu. "Yakni 100 persen benar dalam perencanaan program, 0 persen kesalahan serta 100 persen benar dalam pelaporan dan pertanggung jawaban," imbuh Sujadi.

Kasatgas Pencegahan Wilayah II KPK RI Nana Mulyana mengatakan KPK akan lebih melakukan pada upaya-upaya yang sifatnya tematik. Di bidang manajemen ASN misalnya, dipastikan untuk penempatan pejabat sesuai dengan kompetensi, serta mencegah praktik jual beli jabatan.

Begitupun dengan Dana Desa, KPK juga menekankan upaya pencegahan agar tidak terjadi tindak pidana korupsi. "Selain itu, pemerintah ingin mengelola negara ini dengan berbasis IT. Maka  di pastikan Kominfo menjadi leading sector untuk pengembangan IT," terangnya.

Nana juga mengapresiasi Pemkab Pringsewu, untuk pencapaian MCP, kabupaten ini menempati urutan pertama di Provinsi Lampung dan keempat secara nasional.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat hak pakai asset Pemkab Pringsewu dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pringsewu kepada Bupati Pringsewu Sujadi.(**)

Laporan: Sulistyo

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Balita di Lamteng Jadi Korban Pencabulan ...

MOMENTUM, Anakratuaji--Pria paruh baya berinisial SK (46), ditang ...


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com