Pesawaran Data Anak Yatim Akibat Pandemi Covid

Tanggal 30 Sep 2021 - Laporan - 462 Views
Karmansyah

MOMENTUM, Gedongtatan--Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran mencatat puluhan anak yang menjadi yatim akibat orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, pada Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran, Karmansyah, menjelaskan pihaknya akan mengajukan nama anak-anak tersebut agar mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial.

"Kemensos meminta setiap kabupaten/kota melakukan pendataan anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19. Hari ini tadi kita sudah melakukan pendataan dan didapati terdapat 45 anak yang berusia 0-18 tahun menjadi anak yatim piatu," jelasnya, Kamis (30-9-2021). 

Dia mengatakan, pendataan dilakukan secara bertahap dimulai dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), kemudian diserahkan ke pekerja sosial kita, lanjut ke kabupaten, lalu provinsi, dan kemudian ke pusat.

Menurutnya, Dinsos Pesawaran telah memberikan data tersebut kepada Dinas Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Dinas Pendidikan, sehingga ke depan mereka mendapatkan bantuan.

"Kita upayakan mereka ini mendapatkan bantuan, seperti dari Dinas Kesehatan bantuan berupa BPJS, lalu dari Dinas Ketenagakerjaan siapa tau orang tuanya ingin diberikan pelatihan ketenagakerjaan, kalau dari Dinas Pendidikan anak-anaknya bisa mendapatkan bantuan beasiswa," kata dia.

Kalau dari Dinsos, lanjutnya, tidak ada bantuan yang diberikan kepada para anak yang ditinggal orang tua akibat covid, mengingat saat ini pihaknya tidak memiliki anggaran yang dikhususkan untuk para anak tersebut. 

"Kalau di kami ini, hanya ada anggaran bantuan bagi masyarakat yang melaksanakan isolasi mandiri dan juga bantuan bagi masyarakat yang meninggal karena Covid," katanya.

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com