Dokter Zam Sosialisasi Bahaya Narkoba di Sekolah

Tanggal 15 Nov 2021 - Laporan - 582 Views
Foto bersama usai sosisalisasi P4GN di SMK Farmasi Kesuma Bangsa, Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--dr Zam Zanariah, Sp.S.M.Kes menyosialisasikan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) untuk tercapainya lingkungan sehat di SMK Farmasi Kesuma Bangsa, Senin (15-11-2021).

Acara yang dihadiri Ketua Yayasan SMK Farmasi Kesuma Bangsa Mujitaba Naning, MBA, serta Kepala SMK Hj Nurlela Kesuma ST dan Penasehat Penasehat SMK Farmasi Kesuma Bangsa H Muhammad Yusuf Kohar, S.E., M.M serta jajaran para guru dan pelajar dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19.

Sosialisasi tersebut mengundang dua pembicara yang membahas tentang penyalahgunaan narkoba yakni dr Zam Zanariah, Sp.S.M.kes dan penerapan hidup bersih sekitar kulit oleh dr Rahmilasari Mujitaba, Sp.DV.

Dalam paparannya, dr Zam mengatakan penggunaan narkoba bukan hanya terjadi pada  orang dewasa tapi remaja dan anak-anak. "Mereka awalnya hanya penasaran dengan rasanya,terus ikut-ikutan mencoba dan saat sudah merasakan dan menikmati hingga akhirnya jadi ketergantungan," kata dr Zam.

Dia menambahkan banyak pengguna obat-obatan narkoba yang awalnya tergoda merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi.

Padahal, efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan. Masa remaja adalah masa pencarian jati diri seseorang, pada masa ini anak memiliki emosi yang tidak stabil.

"Narkoba menyebabkan bodoh, gila, masuk penjara dan mati sia-sia", tandas dr Zam ke siswa/i.

Sementara, dr Rahmi mengajak siswa/i untuk selalu hidup bersih, terutama menjaga kesehatan kulit dengan cara rajin mencuci wajah dan mandi setelah beraktivitas serta menerapkan pola hidup sehat olahraga dan makanan yang bergizi.

"Setelah beraktivitas kita harus membersihkan diri dengan cara mandi dan mencuci wajah, berolah raga dan makan makanan yang bergizi", kata dr Rahmi.

Tujuan dari pelaksanaan ini adalah sebagai upaya pencegahan dini terhadap bahaya Narkoba dan menerapkan hidup sehat sehingga jauh dari penyakit kulit, serta mewujudkan SMK Farmasi Kesuma Bangsa menjadi sekolah yang berintegritas dan bersih dari Narkoba serta mencetak generasi yang gemilang.(**)

Editor: Agus Setyawan/rls

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswa FEBI UIN RIL Jadi Presenter di Konf ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Lima belas mahasiswa Fakultas Ekonomi d ...


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com