Pringsewu Tingkatkan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Tanggal 16 Nov 2021 - Laporan - 399 Views
Bupati Sujadi membuka koordinasi terkait program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sebagai upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu akan menguatkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19.

Antarperangkat daerah serta lembaga terkait, perlu berkoordinasi agar program yang dijalan berjalan sesuai dengan yang ditargetkan.

"Koordinasi sangat penting untuk keberhasilan penanganan pandemi Covid-19," ujar Bupati Pringsewu Sujadi saat membuka rapat koordinasi antaraperangkat terkait di Urban Hotel Pringsewu, Selasa (16-11-2021).

Selain itu, kata Sujadi, juga dibutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat lintas sektoral, mulai individu, keluarga, masyarakat, akademisi, dunia usaha, ormas, media massa, serta pemerintah. Untuk bersama-sama menciptakan masyarakat yang sehat.

Dengan harapan, masyarakat dapat berperilaku hidup sehat, yang berdampak pada kesehatan terjaga dan terciptanya lingkungan yang bersih.

"Sehingganya jika dalam kondisi sehat, produktifitas masyarakat akan meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang," harapnya.

Sujadi meminta, melalui koordinasi tersebut, dapat meneguhkan kembali semangat dan sinergitas dalam melakukan upaya promotif dan preventif lintas sektoral untuk menekan serta meminimalisir dampak yang diakibatkan oleh penyakit.

"Kita patut bersyukur penyebaran Covid-19 saat ini sudah mulai melandai, dan perekonomian juga sudah mulai tumbuh dan bangkit. Namun, kita tetap harus waspada dan tidak boleh lengah," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pringsewu Rahmadi mengatakan saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan besar masalah kesehatan triple burden, akibat masih adanya penyakit infeksi dan meningkatnya penyakit tidak menular serta penyakit lainnya.

"Dengan koordinasi ini, diharapkan forum komunikasi Germas di Kabupaten Pringsewu dapat aktif guna menyukseskan program ini di berbagai sektor," harapnya.

Hadir dalam pertemuan itu antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi, Kadis Kesehatan Ulinoha, Ketua TP-PKK Pringsewu Nurrohmah Sujadi, serta, diikuti 45 peserta. (*)

Laporan: Sulistyo
Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com