Cegah Covid-19, Pemkot Metro Persiapkan Vaksinasi Anak

Tanggal 22 Nov 2021 - Laporan - 452 Views
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro mempersiapkan program vaksinasi covid-19 untuk anak usia enam hingga 12 tahun. 

Walikota Metro Wahdi Sirajuddin mengatakan, saat ini pemkot setempat masih menunggu surat edaran Kementerian Kesehatan terkait pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Dia menyebut, salah satu dasar program vaksinasi tersebut adalah  Keputusan Presiden tentang Penetapan Bencana Non-alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional.

“Untuk penanganan bencana ini tentu kita sudah memberlakukan beberapa upaya dengan adanya gelombang I pada bulan Januari, gelombang II pada awal bulan Juni dan puncaknya pada bulan November. Saat ini Kota Metro bisa mencapai level I berkat kerjasama semua elemen yang terlibat, salah satunya dalam mendukung gerakan vaksinasi serentak,” kata Wahdi, Senin (22-11-2021).

Wahdi meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk fokus terhadap pelaksanaan program vaksinasi anak. Selain itu, diimbau seluruh sekolah dan kantor organisasi perangkat daerah memiliki tempat cuci tangan yang ditempatkan di depan ruang kelas atau kantor.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi agar memperhatikan antisipasi pendampingan khususnya terhadap anak-anak. Seperti pemantauan kondisi awal dan pasca pelaksanaan vaksin. Kota Metro adalah kota layak anak, maka jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti menambahkan, untuk vaksinasi anak jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama termasu para tenaga pendidikan, hampir semua sudah dilakukan.

"Ada beberapa siswa dan guru yang belum melakukan vaksinasi. Itu karena  mereka memiliki penyakit bawaan, sedang hamil dan baru proses penyembuhan dari sakit," ungkapnya.

Presentasi siswa SMP di Metro yang belum melakukan vaksinasi mencapai 33,64 persen. Sedangkan untuk tenaga pendidik dan kependidikan 3,91 persen. 

"Kalau untuk jenjang SD atau usia enam hingga 12 tahun,  saat ini sedang dalam proses pelaksanaan vaksinasi,” terangnya. (**)

Laporan: Opie/Rio

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com