Metro Canangkan Kampung Literasi

Tanggal 29 Nov 2021 - Laporan - 651 Views
Walilkota Metro Wahdi Sirajuddin Mencanangkan Program Kampung Literasi

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satunya dilakukan melalui program Kampung Literasi. 

Hal tersebut disampaikan Walikota Metro Wahdi Sirajuddin saat mencanangkan program Kampung Literasi, Senin (29-11-2021). Kegiatan yang berlangsung di Bumi Perkemahan Bantul itu mengusung tema "Gerakan Masyarakat Pembelajaran Sepanjang Hayat." 

"Kampung Literasi merupakan kawasan yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas, dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai upaya menjaga literasi terus berdenyut dan bergerak di tengah masyarakat," kata walikota.

Selain itu, lanjut dia, program pencanangan Kampung Literasi adalah upaya mendukung pembangunan Kota Metro sebagai Kota berpendidikan, Sehat, Sejahtera, dan Berbudaya. 

Wahdi berharap, dengan program Kampung Literasi dapat memotivasi masyarakat dalam menciptakan budaya belajar di segala aspek, mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.

"Hal ini akan membantu individu dan masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri, dan membantu meningkatkan jejaring sosial yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan," tambahnya.

Dia mengajak semua pihak untuk bersinergi mewujudkan Metro sebagai Kota Literasi. 

"Saya juga berharap, semoga melalui Pencanangan Kampung Literasi ini dapat menambah semangat serta kesadaran kita akan pentingnya budaya literasi dan menumbuh-kembangkan minat belajar masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," harapnya.

Ketua pelaksana kegiatan Amin Budi utomo menjelaskan, kampung literasi merupakan program yang diinisiasi Direktorat Pendidikan Masyarakat.

"Tujuannya ditetapkan nama kampung karena kampung membawa sebuah budaya di masyarakat, dimana peradaban dan keakraban lebih mudah diakses oleh siapapun," jelasnya.

Program Kampung Literasi mencakup enam bidang: literasi digital, literasi finansial, literasi budaya, literasi baca, literasi sains dan literasi nomerasi.

Kepala Bidang Tekhnis Fungsi Keaksaraan dan Budaya Baca Direktorat PMPK Kemendikbudristek Dikti Andri Gunawan menyampaikan, terima kasih kepada Pemkot Metro yang telah mendukung terlaksananya Pencanangan Kampung Literasi.

"Saya atas nama Direktorat PMPK Kemendikbudristek Dikti mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah. Mari kita wujudkan kota literasi, kota yang kreatif," ucapnya.(**)

Laporan: opie/rio

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com